Sukses

Manfaat Pandangi Ikan di Akuarium, Turunkan Stres hingga Tingkatkan Kreativitas

Sebuah laporan ilmiah yang diterbitkan dalam SAGE Journal Environment and Behavior menemukan bahwa memandang ikan berenang di akuarium mampu menurunkan kadar stres

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia bila memelihara hewan bisa membantu mengurangi tingkat stres. Tak hanya kucing atau anjing, memelihara ikan pun terbukti bisa meredakan stres.

Sebuah laporan ilmiah yang diterbitkan dalam SAGE Journal Environment and Behavior menemukan bahwa memandang ikan berenang di akuarium mampu menurunkan kadar stres, kecemasan dan rasa sakit yang dirasakan seseorang, bahkan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.

Orang yang mengalami kehidupan penuh tekanan disarankan memelihara ikan di rumah di dalam aquarium agar bisa mendapatkan efek tenang yang alami. Sering memandang ikan di aquarium bahkan efektif meningkatkan pemikiran kreatif seiring menurunkan hormon stres di dalam otak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berdampak Positif pada Kesehatan Mental

Ketika melihat ikan berenang orang akan melihat air dan pergerakan ikan yang alami, dan kesan alami inilah yang menenangkan pikiran. Kemampuan konsentrasi juga akan meningkat ketika stres menurun dan merasa lebih rileks.

Itulah mengapa seseorang dianjurkan memelihara ikan di dalam aquarium ketika menghadapi stres berlebihan. Meski tampak sepele namun ternyata memelihara ikan di rumah mampu memberi dampak sangat positif untuk kesehatan mental.

 

Febi Anindya Kirana/Fimela.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini