Sukses

Manfaat Probiotik bagi Tumbuh Kembang Anak di 1000 Hari Pertama Kehidupan

Pentingnya probiotik dalam air susu ibu (ASI) untuk mendukung tumbuh kembang anak terutama pada 1000 hari pertama kehidupan.

Liputan6.com, Jakarta Probiotik sudah ada dalam usus bayi sejak lahir. Probiotik sendiri adalah mikroorganisme hidup yang bila dikonsumsi dalam jumlah adekuat akan memberikan manfaat yang menguntungkan bagi tubuh.

 

“Asupan probiotik di awal kehidupan bayi didapatkan dari ASI karena mampu membantu mengoptimalkan kesehatan saluran cerna, meningkatkan daya tahan tubuh serta menunjang tumbuh kembang anak,” ujar Dokter Lupita Wijaya Medical Executive PT Kalbe Farma Tbk dalam webminar Kalbe, Kamis (30/7/2020).

“Pada 1000 hari pertama kehidupan, bakteri baik didominasi oleh jenis Bifidobacterium sp yang hadir dalam usus bayi sejak lahir, di mana salah satu jenisnya adalah probiotik BB-12 yang telah teruji klinis memiliki banyak manfaat bagi bayi,” lanjutnya.

Jumlah Bifidobacterium dapat menurun pada bayi yang lahir secara sesar,bayi yang konsumsi susu formula, bayi prematur, bayi terpapar antibiotik, dan dapat dipengaruhi asupan ibu sejak hamil.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jika Bifidobacterium Rendah

Jika Jumlah Bifidobacterium dalam tubuh bayi rendah, maka risiko alergi, infeksi pencernaan, infeksi pernapasan, obesitas, hingga gangguan tumbuh kembang dapat meningkat.

“Salah satu probiotik yang sering digunakan pada bayi dan terkandung dalam ASI adalah probiotik BB-12. Ini telah teruji klinis aman untuk bayi dan anak.”  

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) hari ini meluncurkan produk probiotik untuk mengoptimalkan kesehatan pencernaan bayi dan anak dalam bentuk drops di Indonesia yaitu Liprolac Baby. Produk ini berupa suplemen probiotik untuk mendukung peran ASI dan tumbuh kembang anak khususnya di 1000 hari pertama kehidupan.

“Liprolac Baby mengandung probiotik Bifidobacterium animalis subsp. lactis (BB-12®). Cocok diberikan sejak bayi baru lahir untuk mengoptimalkan kesehatan saluran cerna dan mendukung tumbuh kembang anak,” ujar apt. Eric Antonius, M.M. Product Manager PT Kalbe Farma Tbk dalam keterangan pers.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.