Sukses

Juga Kembangkan Vaksin COVID-19, LIPI Tak Janji Bisa Rilis Awal 2021

LIPI menambahkan, vaksin COVID-19 yang mereka kembangkan dibuat sebagai strategi lain apabila vaksin lain yang pengembangannya lebih maju saat ini tidak semuanya menimbulkan respon kekebalan

Liputan6.com, Jakarta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengungkapkan bahwa mereka juga tengah melakukan penelitian untuk mengembangkan vaksin COVID-19.

Namun, LIPI menyatakan bahwa studi yang mereka lakukan masih penelitian awal dan masih membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan calon vaksin COVID-19 lainnya, termasuk yang dikembangkan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

"Saya juga tidak berani menjanjikan peluang keberhasilannya berapa," kata Kepala Kelompok Penelitian Pengembangan Produk Biologi Senior Manager dan Biosafety Officer Fasilitas BSL-3 LIPI Ratih Asmana Ningrum.

"Kita tidak dapat mengklaim apa pun sebelum itu diuji secara valid," kata Ratih dalam sebuah temu media yang diadakan secara daring pada Selasa kemarin, ditulis Rabu (29/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbeda dengan Eijkman

Dalam temu media tersebut, Ratih mengatakan bahwa LIPI juga ikut mengembangkan studi vaksin COVID-19 berupa vaksin rekombinan sub-unit.

"Jadi sebagai ganti satu buah virus, kami tidak mengambil semua tubuh dari virusnya. Kami hanya mengambil satu bagian dari virusnya yaitu mikroprotein spike atau protein S," katanya.

Ratih mengatakan, protein yang diambil merupakan bagian kecil dari protein spike virus COVID-19 yaitu receptor binding domain (RDB).

Ia mengatakan, LIPI membuat rancangan yang berbeda dari Eijkman untuk meningkatkan respon imun apabila seseorang diberikan vaksin tersebut jika dibandingkan molekul yang tidak dimodifikasi.

3 dari 3 halaman

Masih Studi Bahan Baku

Menurut Ratih, vaksin ini tidak mungkin bisa sampai di tahap komersial di awal 2021.

"Karena kita baru akan membuat bahan baku vaksinnya. Ada perjalanannya yang sangat panjang untuk kita bisa menyatakan vaksin tersebut aman kemudian dapat diproduksi secara komersil," katanya.

Senada dengan Ratih, peneliti dari Pusat Penelitian Biologi LIPI Wien Kusharyoto mengatakan bahwa menyebut vaksin buatan LIPI akan rilis di akhir 2021 pun masih terlalu optimistis.

"Ini baru tahap di laboratorium. Untuk uji pra-klinis pun belum," kata Wien pada kesempatan yang sama.

Wien juga menambahkan, vaksin yang dikembangkan LIPI lebih menyasar pengembangan vaksin COVID-19 lanjutan.

"Karena ada kemungkinan tidak semua bisa secara efektif menimbulkan respon kekebalan dari vaksin-vaksin yang dikembangkan ini. Mungkin kita harus memikirkan strategi lain dalam vaksinasi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini