Sukses

Upaya Bersama Atasi Pandemi COVID-19, Indonesia Terima 1.000 Unit Ventilator dari AS

Penuhi komitmen untuk bersama atasi pandemi COVID-19, sejumlah 1.000 unit ventilator akan dihibahkan oleh Amerika Serikat pada Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Penuhi komitmen untuk bersama atasi pandemi COVID-19, sejumlah 1.000 unit ventilator akan dihibahkan oleh Amerika Serikat pada Indonesia. Penerimaan bantuan ventilator terebut dilakukan secara simbolis di Kantor Kementerian Luar Negeri Jakarta kemarin, Selasa (28/7/2020).

Kuasa Usaha Sementara (KUAI) Kedutaan Besar AS di Jakarta Heather Variava menyerahkan bantuan secara simbolis 100 unit ventilator pada Sekretaris Jenderal Kemenkes RI drg Oscar Primadi, MPH dengan disaksikan Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi.

Seratus unit ventilator itu kini berada di Gudang Pusat Krisis Kesehatan di Jl Percetakan Negara Jakarta, siap didistribusikan ke beberapa dinas kesehatan. Rencananya, Provinsi DKI Jakarta akan menerima 20 ventilator dari alokasi 100 ventilator pengiriman pertama tersebut, melansir laman Sehat Negeriku.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Didistribusikan ke Seluruh Indonesia

Total 1.000 unit ventilator produksi Vyaire Medical beserta aksesorisnya senilai USD 15 juta itu akan dihibahkan pada Pemerintah RI melalui USAID. Bantuan tersebut merupakan realisasi komitmen Presiden AS pada Presiden RI dalam upaya bersama menanggulangi pandemi COVID-19 yang disampaikan dalam pembicaraan telepon tanggal 24 April 2020 lalu.

Bantuan ventilator dari AS itu akan didistribusikan sesuai kebutuhan dan perkembangan terbaru COVID-19 di masing-masing wilayah di seluruh Indonesia. Diharapkan bantuan itu bisa meningkatkan upaya bersama Pemerintah AS dan RI dalam mengatasi pandemi virus Corona baru.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.