Sukses

Jubir Wiku: Uji Klinis Vaksin dari China Diharapkan Selesai Akhir Tahun 2020

Soal vaksin COVID-19 dari Tiongkok, Jubir Wiku mengungkapkan kemajuan yang cukup menggembirakan.

Liputan6.com, Jakarta Di hari pertama sebagai Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan rasa gembira terhadap kehadiran calon vaksin COVID-19 yang tiba dari China dan siap dilakukan uji klinis fase tiga.

"Saya ingin menyampaikan kabar baik tentang perkembangan vaksin seperti tadi sudah disampaikan oleh Bapak Menko Perekonomian. Bahwa Indonesia bekerja sama dengan Sinovac, suatu perusahaan di Tiongkok bekerjasama dengan Bio Farma untuk mengembangkan vaksin COVID-19," ujar Wiku saat konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/7/2020).

"Untuk Indonesia kita juga sedang mengembangkan beberapa kerja sama untuk vaksin tersebut. Salah satu yang kemajuannya cukup menggembirakan adalah kerja sama antara Bio Farma dengan Sinovac, yang mana sekarang sedang (siap) dilakukan uji klinis fase tiga."

Wiku berharap uji klinis vaksin COVID-19 ini akan selesai pada akhir tahun 2020 dan bisa diproduksi mulai tahun 2021.

"Harapannya dengan perkembangan ini, maka masyarakat Indonesia bisa mendapatkan proteksi dari penggunaan vaksin untuk masyarakat. Vaksin COVID-19 akan dilakukan uji klinis bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran di Bandung dan (laboratorium) Bio Farma yang juga terletak di Bandung."

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.