Sukses

Pangdam I Bukit Barisan Laporkan Kondisi Terkini RSKI COVID-19 Pulau Galang

RSKI COVID-19 Pulau Galang melaporkan sudah memulangkan 370 orang pasien terinfeksi Virus Corona.

Liputan6.com, Jakarta Mayjen TNI Irwansyah, M.A, M,SC Panglima Kodam I Bukit Barisan menyampaikan kabar terkini tentang Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) COVID-19 Pulau Galang. Menurutnya, sejak diresmikan pada 6 April 2020 oleh Presiden Joko Widodo, rumah sakit ini sudah merawat 434 orang.

“Hingga saat ini sudah merawat 434 orang dengan rincian bahwa yang sedang dirawat sekarang ada 62 orang, sudah dipulangkan 370 orang, dan masih dalam rujukan itu 2 orang,” ujar Irwansyah dalam konferensi pers BNPB, Jumat (17/7/2020).

Ia menambahkan, pasien yang dirawat di rumah sakit tersebut sebagian besar adalah penduduk Batam dan sekitarnya. Ada juga pasien warga negara asing yang berdomisili dan bekerja di wilayah Batam.

“Rumah Sakit Khusus Infeksi COVID-19 Pulau Galang dibangun di atas area seluas 80 hektar dan memiliki fasilitas seperti laboratorium, kamar jenazah, insinerator, gedung skrining, dapur, laundry, farmasi, helipad, power house, dan asrama bagi tenaga kesehatan.”

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daya Tampung

RSKI ini memiliki daya tampung sebanyak 360 orang dengan 20 di antaranya adalah ruang ICU. Saat ini, RSKI Pulau Galang telah menerima bantuan berupa 1 alat PCR dan dua bilik swab yang sudah terpasang dan sudah uji fungsi.

“Kita sedang melatihkan tenaga operatornya di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit atau BTKLPP Batam, sehingga alat tersebut nantinya bisa kita gunakan secara maksimal.”

Terkait adanya rencana pengiriman pasien dari luar wilayah Batam, pihak Irwansyah telah mengajukan penambahan kebutuhan personel sebanyak 50 orang tenaga kesehatan kepada Kementerian Kesehatan dan pengajuan perlengkapan kesehatan untuk pasien.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.