Sukses

Nyanyian Semangat Dokter Jantung Vito untuk Bangkit dari COVID-19

Dokter jantung Vito punya cara kreatif mengedukasi COVID-19, dari edukasi virtual sampai bernyanyi.

Liputan6.com, Jakarta Dokter spesialis jantung Vito A Damay punya cara kreatif mengedukasi COVID-19 kepada masyarakat. Edukasi dilakukan secara talkshow virtual juga bernyanyi. Ia juga sering mengunggah edukasi dengan video di akun media sosial pribadinya, baik Instagram dan Youtube.

"Selama COVID-19, pasien-pasien saya banyak yang bertanya soal kekhawatiran ke rumah sakit. Mereka ada yang takut ke rumah sakit. Ada juga yang takut melanjutkan obat jantung," ujar Vito dalam sesi talkshow Dokter Sebagai Influencer Adaptasi Kebiasaan Baru di Graha BNPB, Jakarta, kemarin (11/7/2020).

"Nah, saya pikir kalau saya cuma menjelaskan kepada satu atau beberapa orang saja kasihan kan. Harusnya kan orang lain juga ingin tahu. Jadi, saya bikin video supaya lebih banyak orang yang tahu dan teredukasi."

Sejak COVID-19 merebak, Vito juga selalu mengingatkan menjaga kebersihan dan berperilaku hidup sehat. Misal, penggunaan masker, rajin cuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak. Ia juga meluruskan hoaks soal COVID-19 yang beredar.

"Ya, saya juga meluruskan soal hoaks-hoaks yang beredar. Saya berpatokan pada apa yang dilakukan Gugus Tugas. Setiap kali ada hoaks rasanya saya harus bilang, 'Kayaknya kita harus memberikan edukasi kepada masyarakat.' Dan ini penting," lanjut Vito.

"Setelah tugas di ruang katerisasi, paling cepat 5 atau 10 menit paling lama. Langsung depan kamera  handphone dan meluruskan hoaks COVID-19 yang beredar."

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengundang Dokter untuk Edukasi

Dalam edukasi virtual, Vito juga mengundang beberapa rekan dokter. Seperti beberapa waktu silam mengundang dokter olahraga untuk berbicara seputar olahraga di masa pandemi COVID-19 dan dokter spesialis perawatan kecantikan membahas berjemur di bawah sinar matahari.

“Jika sudah selesai jam praktik di rumah sakit, saya menyediakan waktu untuk memberikan edukasi. Kita bisa memberikan edukasi dengan mengundang sesama dokter secara virtual melalui aplikasi ruang digital," tambah Vito.

"Walaupun masyarakat tidak tatap muka langsung dengan dokter, tapi kita bisa menjangkau mereka melalui cara ini. Edukasi pakai zoom juga dengan para dokter. Meski kita berpisah tempat, kita bisa tetap bisa kasih edukasi."

Vito menjelaskan dalam memberikan edukasi pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru butuh kreativitas. Dalam hal ini, bukan terkesan menggurui, namun dilakukan demi kepentingan bersama.

"Kita menyampaikan penjelasannya juga enggak terkesan menggurui. Tapi kita melakukan ini untuk kepentingan bersama. Dengan begitu masyarakat dapat mengerti tanpa merasa kita menggurui mereka,” tambah dokter yang sehri-hari berpraktik di Siloam Hospital Lippo Village, Karawaci, Tangerang.

3 dari 3 halaman

Edukasi Lewat Bernyanyi

Edukasi COVID-19 juga diberikan Vito melalui bernyanyi. Upaya ini juga sebagai bentuk menyalurkan hobi bernyanyi dalam mengedukasi masyarakat.

“Itulah salah satu kreativitasnya. Karena saya suka menyanyi, jadi saya coba memberikan edukasinya dengan lagu-lagu. Karena apa yang saya miliki, saya anggap milik orang lain yang dititipkan ke saya, sehingga saya merasa bahwa hal ini bukan hanya untuk saya, tapi juga untuk orang lain,” ungkap Vito.

"Saya memang suka banget mengedukasi masyarakat. Karena kan apa yang kita omongin bisa menjadi masukan."

Lagu berjudul Tambah Cinta baru saja dirilis Vito bersama Denada dan sang adik tercinta, Vika Damay. Lagu tersebut sebagai penyemangat untuk bangkit dari COVID-19.

View this post on Instagram

Launching Video "Dokter Vito - Tambah Cinta Feat. Denada & dr. Vika Damay (Official Music Video)" *GIVEAWAY RULES* 1. Follow Akun IG @doktervito 2. Like postingan ini 3. Share ke IG Story kalian & Mention Instagram @doktervito 4. Subscribe akun youtube doktervito dan Play Video "Dokter Vito - Tambah Cinta Feat. Denada & dr. Vika Damay (Official Music Video)" 5. Berikan LIKE dan/KOMENTAR yang " OPTIMIS dan SEMANGAT" tersebut Untuk teman temanmu !! Videonya bakal premiere di youtube channel dokter vito jam 19.00 malam ini! TIGA Komentar yang terbaik akan Mendapatkan Paket dari Docmed Protect (Handsanitizer & Disinfectant Spray) Periode 8 Juli 2020 - 11 Juli 2020 Pengumuman 12 Juli 2020 Jam 19.00 #doktervito #drvito #dokterindonesia #dokter

A post shared by Vito Anggarino Damay| tips (@doktervito) on

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.