Sukses

Main Video Gim Ada Manfaatnya untuk Anak

Bukan buang-buang waktu, asalkan waktunya dibatasi ada lho manfaat anak bermain video gim.

Liputan6.com, Jakarta Selama di rumah aja di masa pandemi COVID-19, apakah anak Anda menghabiskan waktu dengan bermain video gim? Asalkan tidak berlebihan, aktivitas ini bermanfaat lho bagi anak.

"Video gim dapat memberi anak-anak rasa kompetensi, koneksi, dan otonomi yang benar-benar meningkatkan kepercayaan diri mereka,” kata Michelle Ponti, seorang dokter anak yang juga anggota Canadian Paediatric Society seperti dikutip dari Todays Parents.

Bagi orangtua main video gim mungkin seperti buang-buang waktu. Padahal ada permainan yang mengajarkan anak keterampilan hidup seperti pemecahan masalah, bagaimana membuat dan mengambil keputusan di waktu sempit, menimbang risiko serta tentunya.

Selain itu, anak juga belajar menghadapi kekalahan lewat permainan video gim. 

"Aspek interaktif dari beberapa permainan juga dapat bermanfaat bagi anak-anak yang sulit melakukannya secara langsung. Komunikasi daring terkadang jauh lebih mudah bagi anak-anak yang mudah cemas saat berhadapan dengan banyak orang," kata Ponti.

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kecerdasan Intelektual Lebih Baik

Penelitian di Eropa yang mensurvei orangtua dan guru dari lebih dari 3.000 anak usia enam hingga 11 tahun menemukan bahwa anak-anak yang bermain video gim selama lima jam atau lebih dalam seminggu cenderung memiliki kecerdasan intelektual yang lebih baik.

“Gim juga dapat membantu anak-anak membangun keterampilan dalam pengodean, matematika, logika, desain,” kata Jennifer Turliuk, CEO of MakerKid, perusahaan pembuat gim yang berbasis di Kanada.

Jika ada video gim di rumah harus ada aturan yang disepakati hanya boleh bermain selama beberapa jam di hari libur. Itu pun setelah tugas rumah dan sekolah diselesaikan. Ini juga membentuk anak jadi lebih disiplin.

Lalu video gim seperti apa yang aman direkomendasikan? Ponti tak menyebut secara spesifik. Ia hanya merekomendasikan permainan yang membuat anak banyak bergerak secara fisik.

"Banyak mainan yang menuntut pemainnya harus lari di tempat, lompat atau bahkan menari. Ini sangat seru, menyenangkan dan membuat aktif secara fisik meski di rumah saja," katanya.

Hal yang juga sangat penting adalah sebelum membeli atau mengunduh gim apa pun, lihat ulasan secara detail. Hampir semua konsol dan game komputer diberi peringkat oleh Entertainment Software Rating Board dan untuk anak di bawah 10.

"Selalu mainkan dulu games sebelum anak memainkannya. Jangan sampai kecolongan jika memang ada konten yang tak layak untuk anak," ungkap Ponti.

Penulis: Mutia Nugraheni/Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.