Sukses

Orangtua Punya Peran Besar Memilih Makanan yang Tepat Bagi Anak

Seringkali, orangtua cenderung tidak mau repot memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh anaknya

Liputan6.com, Jakarta Orangtua punya peran dalam menjaga keamanan produk makanan bagi anak-anak mereka. Di sini pengetahuan soal preferensi atau pilihan makanan dirasa penting karena hal tersebut juga mempengaruhi gaya hidup seseorang.

Hendro Utomo, Pendiri Foodbank of Indonesia mengungkapkan bahwa saat ini, seringkali orangtua cenderung tidak mau repot dalam memperhatikan makanan apa yang akan dikonsumsi oleh anak-anak mereka.

"Preferensi makanan anak-anak ini tergantung pada orang dewasa dan sekelilingnya," kata Hendro dalam sebuah seminar daring pada Kamis (9/7/2020).

"Sekarang orangtua ada kecenderungan tidak mau terlalu repot, mereka memberikan saja uang yang ada pada anak. Jadi preferensi makanan tergantung pada anak-anaknya sendiri," ujarnya.

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masalah Preferensi Makanan Anak

Menurut Hendro, adalah suatu hal yang berbahaya ketika anak memilih makanannya sendiri tanpa pengetahuan dari orangtua.

"Ini berbahaya karena kalau kita tidak bantu. Karena anak-anak akan mendapatkan makanan-makanan yang untuk keamanan dirinya sendiri pun berbahaya. Anak-anak juga belum punya pengetahuan untuk memutuskan mana yang harus mereka beli," ujarnya.

"Jadi ada satu persoalan besar di kita, persoalan preferensi makanan terkait dengan pengetahuan dan ketersediaan makanan di sekitar anak-anak."

Di situasi pandemi COVID-19 ini, Hendro mengatakan bahwa saat ini merupakan waktu yang tepat untuk belajar mengenai keseimbangan yang baru. Yang pertama adalah bagaimana anak agar mendapatkan makanan yang beragam sumbernya sehingga nutrisinya pun beragam.

"Yang kedua sebisa mungkin berbasis pangan lokal karena mendekatkan anak-anak itu terhadap sumber-sumber makanan itu sendiri. Mereka mengenal makanan-makanan di sekitar mereka, mereka bisa belajar, dan ada penjiwaan di dalamnya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.