Anda Merasa Perfeksionis? Jawab Dulu 9 Pertanyaan Ini

Oleh Melly Febrida pada 05 Jul 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 05 Jul 2020, 08:00 WIB
Terlalu Perfeksionis
Perbesar
Seperti apa orang yang perfeksionis? Ilustrasi Business Woman Credit: pexels.com/Kaboompics

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang sering melabeli dirinya itu perfeksionis. Namun, bagaimana tahu bahwa diri ini perfeksionis? Anda bisa mengetahuinya dengan menjawab beberapa pertanyaan ini.

Selama ini orang sering menyebut perfeksionis sebagai orang yang berusaha untuk mencapai hasil dan tujuan terbaik dalam segala hal yang mereka lakukan.

Roza Sahfran, profesor psikologi di University College London Great Ormond Street Institute of Child Health Inggris mengatakan seseorang bisa menjadi perfeksionis hanya pada satu bagian di kehidupan mereka. Bidang-bidang tersebut dapat mencakup pekerjaan, belajar, hubungan, dan olahraga, penampilan pribadi, berat badan, kebersihan, kebersihan pribadi, persahabatan, musik, penampilan.

"Perfeksionisme melibatkan usaha yang terus-menerus untuk mencapai standar tinggi yang ditetapkan seseorang untuk diri mereka sendiri, meskipun ada konsekuensi negatif seperti merasa stres dan cemas. Ini juga melibatkan kritik terhadap diri sendiri ketika orang tersebut berpikir bahwa mereka belum memenuhi salah satu standar mereka," kata Sahfran dalam buku Ovecoming Perfectionism.

Menurutnya, orang yang perfeksionisme sering merasa tidak mampu memenuhi standar tinggi mereka dan karena itu terus-menerus takut gagal pada saat yang sama ketika mereka terus berusaha untuk mencapainya.

 

2 dari 3 halaman

Apakah Anda Perfeksionis?

Liputan 6 default 2
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan6

Bagaimana untuk mengetahui diri ini termasuk perfeksionis atau tidak? Sahfran bilang sebaiknya Anda menjawab beberapa pertanyaan ini.

1. Apakah Anda terus berusaha sekuat tenaga untuk mencapai standar tinggi?

2. Apakah Anda fokus pada apa yang belum Anda capai daripada apa yang telah Anda capai?

3. Apakah orang lain memberi tahu Anda bahwa standar Anda terlalu tinggi?

4. Apakah Anda sangat takut gagal memenuhi standar Anda?

5. Jika Anda mencapai tujuan Anda, apakah Anda cenderung menetapkan standar lebih tinggi di waktu berikutnya?

6. Apakah Anda mendasarkan harga diri Anda pada upaya dan pencapaian?

7. Apakah Anda berulang kali memeriksa seberapa baik Anda mencapai tujuan?

8. Apakah Anda terus berusaha memenuhi standar Anda, bahkan jika ini berarti Anda kehilangan sesuatu atau jika itu menyebabkan masalah lain?

9. Apakah Anda cenderung menghindari tugas atau menunda melakukannya jika Anda gagal atau karena waktu yang diperlukan?

Jika Anda menjawab 'YA' untuk pertanyaan nomor 6 dan sebagian besar pertanyaan lainnya, kemungkinan Anda termasuk tipe yang perfeksionis.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut

Lanjutkan Membaca ↓