3 Cara Komunikasi dengan Ekspresikan Perasaan agar Hubungan Lebih Lancar

Oleh Liputan6.com pada 03 Jul 2020, 22:00 WIB
Diperbarui 03 Jul 2020, 22:00 WIB
Hubungan cinta pasangan bahagia (iStock)
Perbesar
Ilustrasi hubungan cinta pasangan bahagia (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Mengekspresikan perasaan bisa menjadi kunci hubungan harmonis dengan pasangan. Ini karena ekspresi perasaan juga merupakan salah satu bentuk komunikasi.

Namun, sayangnya masih banyak orang yang merasa kesulitan mengekspresikan perasaan mereka pada pasangan. Padahal, perasaan yang tak diungkapkan berpotensi membuat hubungan jadi tidak baik.

Dilansir dari yourtango.com, berikut ini adalah beberapa cara ampuh anti gagal mengekspresikan perasaan pada pasangan. Penasaran?

1. Memahami

Sebelum mengekspresikan atau mengungkapkan perasaan kepada pasangan, penting untuk meluangkan waktu sebentar untuk berhenti dan memahami. Duduk diam di suatu tempat dan tanyakan pada diri sendiri, "Apa yang sebenarnya kurasakan?"

 

 

2 dari 3 halaman

Akui dan Nyatakan

Ilustrasi pasangan zodiak
Perbesar
Ilustrasi pasangan zodiak (Sumber: iStockphoto)

2. Mengakui perasaan tersebut dan menyatakannya

Cara yang paling dapat diandalkan untuk mengekspresikan perasaan adalah dengan mengatakan, "Aku merasa..." isilah dengan perasaanmu, seperti sedih, bingung, marah, takut, kesepian, atau khawatir.

Beberapa kata memiliki lebih banyak persepsi daripada perasaan yang sebenarnya, seperti dikhianati, ditinggalkan, ditolak, atau dihina. Itu semua adalah keyakinanmu.

Ketika kamu tidak mengekspresikan perasaanmu yang sebenarnya, perasaan itu akan tetap di sana. Yang perlu diungkapkan tidak hanya pikiran, namun juga perasaan, agar kamu dan pasangan menjadi lebih dekat dan terhubung secara emosional.

Intinya, hindari menyatakan keyakinan, persepsi, penilaian, dan pikiran, tapi perasaanmu. Sangat penting mengekspresikan perasaanmu yang sebenarnya.

3 dari 3 halaman

Terbuka

Pasangan bahagia
Perbesar
Ilustrasi pasangan bahagia (iStockphoto)

3. Pribadi Lebih Terbuka

Ketika belajar mengekspresikan perasaan, jadilah pribadi yang lebih terbuka. Kesalahan paling umum yang dilakukan banyak orang adalah mengatakan, "Kamu membuatku merasa..."

Ini adalah ungkapan yang bisa dianggap sebagai tuduhan atau menyalahkan orang lain, daripada mengungkapkan perasaan. Bagaimana menurutmu?

(Annisa Wulan/Fimela.com)

Lanjutkan Membaca ↓