Tanpa Obat, Ini 4 Tips Mengatasi Disfungsi Ereksi Secara Alami

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 02 Jul 2020, 23:00 WIB
Diperbarui 02 Jul 2020, 23:00 WIB
Ilustrasi gangguan ereksi (iStock)
Perbesar
Ilustrasi gangguan ereksi (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Disfungsi ereksi bisa menyebabkan masalah lain pada pria. Kondisi ini bisa berujung pada menurunnya gairah seks, meningkatkan kecemasan dan depresi, serta mempengaruhi hubungan pasangan suami istri.

Meski ada beberapa obat-obatan untuk disfungsi ereksi, namun penanganan semacam ini juga memiliki kelemahan seperti efek samping serta ketergantungan apabila digunakan secara berlebihan.

Marc Garnick, profesor onkologi medis dan kanker urologi di Beth Israel Deaconess Medical Center, Amerika Serikat mengatakan bahwa umumnya, perubahan gaya hidup bisa memperlambat disfungsi ereksi dan membantu pria mengelolanya.

"Sehingga Anda mungkin tidak memerlukan obat-obatan disfungsi ereksi atau harus terlalu bergantung pada mereka," kata Garnick seperti dilansir dari Harvard Health Publishing pada Rabu (1/7/2020).

Garnick mengatakan, perubahan gaya hidup bisa berdampak langsung dan jangka panjang apabila dikaitkan dengan masalah disfungsi ereksi. Menurutnya, seringkali ini juga menjadi tindakan pertama yang harus dilakukan sebelum mencoba pengobatan lain.

2 dari 3 halaman

4 Tips untuk Mengatasi Disfungsi Ereksi Tanpa Obat

Ilustrasi gangguan ereksi (iStock)
Perbesar
Ilustrasi gangguan ereksi (iStock)

Setidaknya, ada empat strategi yang bisa dilakukan untuk mencoba mengatasi disfungsi ereksi.

1. Lakukan Latihan Aerobik

Dalam studi di jurnal Sexual Medicine tahun 2018, rata-rata, 40 menit aktivitas aerobik sedang hingga kuat dengan jumlah empat kali seminggu selama enam bulan, dapat meningkatkan kondisi pria dengan disfungsi ereksi.

Beberapa aktivitas yang bisa dicoba antara lain: jogging, berenang, bersepeda, hingga jalan cepat. Apa pun latihannya bisa dilakukan selama intensitas yang tepat terpenuhi.

2. Latihan Kegel

Latihan kegel memperkuat otot-otot dasar panggul. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aktivitas ini bisa meningkatkan aliran darah ke penis.

3. Memperhatikan Berat Badan

Studi di 2015 menyatakan bahwa pria obesitas berisiko 40 persen lebih besar terkena disfungsi ereksi. Jika Anda kelebihan berat badan, disarankan untuk menguranginya sebanyak 5 hingga 10 persen.

4. Mengubah Diet

Pola makan juga berpengaruh terhadap kehidupan seksual. Anda bisa mencoba diet Mediterania untuk membantu mengatasi disfungsi ereksi.

Patut diingat bahwa saran-saran di atas tidak bisa dijadikan acuan pasti dalam mengatasi masalah kesehatan Anda. Maka dari itu, ada baiknya untuk tetap berkonsultasi dengan tenaga kesehatan untuk melihat apakah disfungsi ereksi yang dialami terkait dengan kondisi kesehatan lain atau bisa diatasi tanpa obat-obatan tertentu.

 

3 dari 3 halaman

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓