5 Cara yang Bisa Dicoba Ibu Hamil untuk Atasi Insomnia

Oleh Liputan6.com pada 01 Jul 2020, 22:00 WIB
Diperbarui 01 Jul 2020, 22:00 WIB
Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil Saat Buka Puasa dan Sahur
Perbesar
Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil Saat Buka Puasa dan Sahur / Sumber: iStockphoto

Liputan6.com, Jakarta Kesulitan tidur atau insomnia bisa dialami beberapa wanita ketika hamil. Tanda-tandanya yakni terjaga di tengah malam dan sulit tidur kembali, atau kantuk enggan datang meski hari telah larut.

Insomnia yang dialami sebagian ibu hamil bisa disebabkan oleh kondisi fisik yang merasa tidak nyaman atau adanya kekhawatiran yang membebani benak.

Berikut beberapa cara yang bisa dicoba ibu hamil untuk meningkatkan kualitas tidur selama kehamilan.

Buat Rutinitas Sebelum Tidur

Terkadang masalahnya adalah ketika akan tidur dan tidak dapat tertidur karena tidak siap secara fisik atau mental untuk tidur. Melakukan rebahan di ranjang, ketika benar-benar siap untuk tidur, ini dapat meningkatkan kemungkinan untuk dapat meningkatkan kualitas tidur. Agar dapat ibu hamil tertidur, hindari kafein di sore hari dan hindari kegiatan yang berat sebelum tidur atau bahkan melakukan diskusi dengan pasangan di tempat tidur.

 

 

2 dari 3 halaman

Berlatih Relaksasi

Makan Camilan Sehat

Beberapa perempuan mungkin akan makanan camilan untuk dapat membantu mereka tertidur. Tetapi jangan berlebihan karena kehamilan meningkatkan kemungkinan mulas setelah makan yang membuat seseorang tetap terjaga sepanjang malam. Susu hangat dan sandwich adalah salah satu pilihan camilan yang dapat membantu seseorang untuk lebih mudah tertidur.

Lakukan Latihan Relaksasi

Melakukan latihan relaksasi, baik sendiri atau bersama pasangan dapat membantu tertidur lebih cepat. Lakukan meditasi, olah pernapasan, atau bahkan mencoba teknik relaksasi yang dapat membantu menenangkan pikiran dan membantu tidur lebih nyenyak.

3 dari 3 halaman

Mandi Air Hangat

Mandi Air Hangat

Mandi tidak hanya dapat membuat rileks dan menenangkan tubuh tetapi juga dapat membantu tidur lebih nyaman dan nyenyak. Jika selama kehamilan merasakan rasa sakit di tubuh seperti kram kaki yang dapat mengganggu tidur, cobalah untuk mandi atau merendam kaki dengan air hangat dengan garam, hal itu dapat membantu meringankan rasa sakit dan merilekskan otot tubuh.

Membaca Buku

Membaca, kegiatan kecil yang dapat membantu otak lebih fokus dan rileks sehingga Mom dapat tertidur dengan tenang. Hindari membaca novel yang berat, atau buku-buku tentang misteri. Buku-buku nama bayi bisa menjadi bacaan yang menyenangkan sebelum tidur, tetapi Mom juga harus menghindari membaca buku-buku tentang kehamilan yang dapat menimbulkan lebih banyak kekhawatiran.

Insomnia selama kehamilan adalah yang umum terjadi pada sebagian besar perempuan hamil. Ada banyak cara untuk mengatasi insomnia tentunya dengan cara alami yang tidak membahayakan kehamilan.

(Gayuh Tri Pinjungwati/Fimela.com)

Lanjutkan Membaca ↓