Sukses

Kakek 114 Tahun di Ethiopia Sembuh dari COVID-19

Keluarga mengungkapkan bahwa lansia tersebut dinyatakan sembuh dari COVID-19 di usia yang ke 114 tahun

Liputan6.com, Jakarta Tilahun Woldemichael sudah berusia lebih dari 100 tahun. Beberapa waktu yang lalu, pria lansia Ethiopia itu dinyatakan sembuh dari COVID-19.

Lansia yang merupakan seorang biksu Ortodoks itu sempat dirawat di rumah sakit selama hampir tiga pekan karena terinfeksi COVID-19. Namun pada hari Kamis pekan lalu, ia sudah dipulangkan dari rumah sakit.

Ketika dirawat, Tilahun mendapatkan bantuan oksigen dan deksametasone, obat yang menurut para peneliti di Inggris mampu mengurangi kematian hingga sepertiga dari pasien bergejala parah yang dirawat di rumah sakit.

Dilansir dari Associated Press pada Senin (29/6/2020), Menteri Kesehatan Ethiopia memang merekomendasikan penggunaan deksametasone untuk pasien COVID-19 yang membutuhkan ventilator atau oksigen.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih dari 100 Tahun

Keluarga Tilahun mengungkapkan, mereka memang tidak memiliki akta kelahiran yang membuktikan bahwa Tilahun sudah berusia 114 tahun. Namun sang cucu, Biniam Leulseged menunjukkan bahwa dirinya memiliki foto ulang tahun ke-100 dari lansia itu.

"Dia terlihat tampak muda pada saat itu," kata Biniam.

Biniam menambahkan, momen saat sang kakek dibawa ke rumah sakit adalah saat-saat yang emosional. Namun, ia juga mengungkapkan kegembiraannya atas kepulangan Tilahun dari perawatannya.

"Saya sangat senang karena kami bersama lagi," ujarnya.

Mengutip data dari Worldometer pada hari ini pukul 15.24, Ethiopia melaporkan 5.689 kasus positif COVID-19 dengan 98 kasus kematian terkait penyakit tersebut. Namun, angka kesembuhan yang dicatat oleh negara asal Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus ini, lebih tinggi yaitu mencapai 2.132.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.