Sukses

Anak Kerap Batuk Pilek, Penyebabnya Alergi atau Infeksi?

Batuk pilek bisa karena alergi atau infeksi. Mana penyebab yang terjadi pada anak Anda?

Liputan6.com, Jakarta Seseorang yang memiliki alergi bisa menimbulkan reaksi berupa batuk pilek. Namun, infeksi juga bisa batuk pilek. Lalu, bagaimana membedakannya?

Menurut konsultan alergi dan imunologi anak, Budi Setiabudiawan, pertama-tama cek ada atau tidaknya demam. Lalu, amati kapan waktu muncul batuk pilek tersebut. Perhatikan juga warna dahak maupun ingus.

Jika anak demam, lalu batuk pilek muncul pada pagi dan malam hari serta dahak atau ingusnya kental dan berwarna, maka kemungkinan mengalami infeksi.

"Kalau alergi biasanya tidak disertai demam. Kejadian batuk pileknya terutama pada malam hari dan biasanya dahak atau ingusnya bening, tidak berwarna," tutur Budi dalam diskusi daring bersama Danone seperti dikutip Antara.

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deteksi Dini Alergi

Jika anak sering memperlihatkan gejala alergi, penting melakukan deteksi dini agar tidak mengganggu tumbuh kembangnya.

"Apabila dikenali dini, ditangani dini akan optimal tata laksana, sehingga tidak berlanjut ke penyakit seperti eksim, asma, rhinitis alergi. Kalau terlambat diagnosa, akan muncul dampak-dampak disebakan penyakit alergi, dari sisi kesehatan misalnya meningkatkan risiko penyakit degeneratif seperti obesitas, hipertensi dan sakit jantung," papar Budi.

Alergi merupakan respons sistem imun yang tidak normal untuk mengenali bahan-bahan yang sebenarnya tidak berbahaya bagi orang lain.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia/World Health Organization (WHO) penduduk dunia mengalami alergi 30-40 persen.

Alergi biasanya dialami pada anak dengan bakat alergi yakni diturunkan dari salah satu atau kedua orang tuanya. Jika kedua orang tua memiliki riwayat alergi maka berisiko membuat anak mereka 40-60 persen terkena alergi.

Risiko akan meningkat menjadi 60-80 persen jika orang tua memiliki manifestasi yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.