Sukses

Baru Lahir, Bayi Kembar 3 Positif COVID-19

Di hari kelahiran mereka, hasil tes menunjukkan bayi kembar tiga asal Meksiko ini positif COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Ibu asal San Luis Potosi, Meksiko melahirkan bayi kembar tiga berjenis kelamin laki-laki dan perempuan pada 17 Juni 2020. Hasil pemeriksaan di hari kelahiran menunjukkan ketiga bayi tersebut terinfeksi COVID-19.

"Yang mengejutkan bagi kami mereka positif COVID-19 di hari lahirnya. Hal ini terlepas dari segala kemungkinan bahwa mungkin telah kontak dengan sumber infeksi di rumah sakit. Tapi umur mereka baru beberapa jam mengapa sudah terinfeksi virus Corona," kata Sekretaris Kesehatan Kota San Luis Potosi, Monica Rangel.

Hasil pemeriksaan kesehatan pada ketiga bayi tersebut berbeda-beda. Juru Bicara San Luis Potosí Health Security Committee Miguel Angel Lutzow mengatakan bayi perempuan dan bayi laki-laki dalam kondisi stabil. Namun, satu bayi laki-laki didiagnosis mengalami pneumonia dan kerusakan saraf di usus seperti dikutip laman Daily Mail, Kamis (25/6/2020).

Orangtua bayi kembar tiga tersebut pun menjalani pemeriksaan, hasilnya mereka positif COVID-19 tapi tidak menunjukkan gejala. Kini, mereka juga diisolasi tapi dipisahkan dari ketiga buah hatinya yang dirawat di Dr. Ignacio Morones Prieto Central Hospital. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tertular dari Mana?

Ini bukan kasus pertama bayi baru lahir positif COVID-19. Namun, para pakar kesehatan mengatakan kasus seperti ini jarang terjadi.

Para dokter kini tengah mempelajari kasus kembar tiga yang positif COVID-19. Mereka tengah mencari tahu darimana para bayi tersebut terinfeksi virus SARS-CoV-2, termasuk mencari tahu apakah dari plasenta ibu selama kehamilan.

Dalam beberapa studi tidak dilaporkan ibu hamil bisa menularkan COVID-19 ke janin.

Dalam studi kecil di China yang diterbitkan dalam Jurnal Frontiers in Pediatric menyebutkan ibu hamil yang terinfeksi virus Corona tidak menularkan virus ke bayinya seperti dikutip dari Eureka Alert.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.