Sukses

Jalani Protokol Kesehatan dan Jaga Imunitas Tubuh, Cegah Pasien Kanker Terinfeksi COVID-19

Pasien kanker yang tengah menjalani pengobatan rawat jalan perlu super ekstra hati-hati agar tidak terinfeksi COVID-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhatikan Komposisi Makanan di Masa Pandemi

Liputan6.com, Jakarta Pasien kanker yang tengah menjalani pengobatan rawat jalan perlu super ekstra hati-hati agar tidak terinfeksi COVID-19. Hal ini disampaikan dr Muhamad Yusuf SpOG(K) dari Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta.

Yusuf menyarankan pasien kanker pertama-tama harus menjalankan protokol kesehatan. Seperti menerapkan physical distancing, memakai masker, menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan menggunakan sabun lalu basuh di air mengalir, dilarang berkumpul di keramaian.

"Itu yang paling penting pertama," kata Yusuf saat dihubungi Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Kedua, pasien kanker harus tetap menjaga imunitas tubuh. "Caranya dengan mengonsumsi nutrisi lengkap untuk meningkatkan imunitas," tuturnya.

Pastikan asupan makanan yang dikonsumsi mengandung makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien meliputi karbohidrat, protein, lemak, serat dari sayur maupun buah. Lalu, aspek mikronutrien dari makanan yang mengandung vitamin A, C, D, E dan lainnya serta mineral.

 

Memang dalam mengonsumsi asupan makan sehari-hari kita sudah banyak mengakomodir makronutrien dan mikronutrien. Namun, pada masa pandemi ini volume yang perlu diperhatikan. Caranya dengan menerapkan Isi Piringku.

"Bukan memperbanyak makan tapi memperhatikan komposisi makan. Misalnya jangan mengonsumsi karbohidrat lebih banyak dari serat. Karbohidrat hanya seperempat dari porsi makan," katanya."Dengan mempertahankan nutrisi yang baik, pasti imunnya akan baik," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini