Sukses

Penyebab Lemak Masih Menumpuk meski Sudah Rajin Berolahraga

Bisa jadi Anda kurang tidur yang membuat lemak masih menumpuk.

Liputan6.com, Jakarta Motivasi banyak orang berolahraga agar lemak tubuh berkurang. Namun, banyak juga yang sudah rajin berolahraga tapi lemak tak juga terkikis. Kenapa ya?

Menurut Rendy Dijaya Muliadi dari Health and Nutrition Science Nutrifood Research Center, kurang tidur atau beristirahat bisa meningkatkan risiko penimbunan lemak yang berujung risiko obesitas bertambah.

"Sudah olahraga, makan bener, otot enggak berkembang, mungkin karena kurang tidur," ujar Rendy.

"Kurang tidur bisa menyebabkan risiko penimbunan lemak, berat badan meningkat, risiko obesitas bertambah. Lemak tidak hilang-hilang bisa jadi karena kurang istirahat," kata dia dalam diskusi media via daring dikutip dari Antara.

Tak cuma itu, seseorang yang kurang beristirahat menurunkan kekuatan otot dan kadar hormon yang penting untuk pembentukan otot.

Masalah lainnya juga muncul karena tubuh tak cukup istirahat yakni gejala depresi meningkat, gangguan suasana hati dan kognitif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidur Cukup

Rendy menyarankan Anda tidur selama 7-9 jam per malam untuk mengoptimalkan detoksifikasi tubuh, serta pertumbuhan dan penyembuhan jaringan yang rusak.

"Beri jeda waktu tidur dan olahraga minimal sejam untuk mendapatkan kualitas tidur lebih baik. Kalau habis olahraga lalu tiba-tiba tidur, pasti (tubuh) kaget, kualitas tidur bisa terganggu," sarannya. 

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini