Sukses

Manfaat Musik di Masa Pandemi, Cegah Gangguan Psikosomatik dan Pererat Silaturahmi

Melakukan kegiatan yang terkait dengan musik di masa pandemi juga punya manfaat untuk menenangkan hati

Liputan6.com, Jakarta Musik bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah stres karena terlalu banyak paparan informasi negatif terkait COVID-19. Hal ini juga demi mencegah gangguan kesehatan psikosomatik.

Dokter Konsulen Psikosomatik Rudi Putranto mencontohkan, salah satu kegiatan yang mudah dilakukan adalah mendengarkan musik. Menurutnya, aktivitas tersebut bisa memperbaiki perasaan dan menenangkan.

"Hal-hal seperti musik itu akan memperbaiki daya tahan kita," kata dokter dari Divisi Psikosomatik dan Paliatif, Departemen Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo ini.

Dalam bincang-bincangnya dari Graha BNPB, Jakarta pada Minggu (21/6/2020), Rudi mengatakan bahwa musik dengan tempo atau ritme yang lambat dan bisa membuat rileks, mampu memperbaiki daya tahan tubuh dan menurunkan stres.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Ikatan Silaturahmi

Sementara itu, aktivitas bernyanyi bersama juga mampu meningkatkan ikatan silaturahmi. Hal ini menurutnya sangat bermanfaat di tengah kondisi pandemi COVID-19.

Rudi mengatakan ada banyak alternatif agar orang-orang bisa menikmati musik bersama-sama meski terhalang jarak akibat pemberlakukan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Menyanyi di rumah, ada juga menyanyi virtual di rumah masing-masing. Itu sangat bermanfaat," ujarnya.

Selain musik, aktivitas menyenangkan lain juga bermanfaat untuk kesehatan jiwa di masa pandemi. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan antara lain menulis, memasak, atau berolahraga. Rudi mengatakan, hal-hal tersebut juga bisa membuat perasaan menjadi lebih baik dan menenangkan kita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.