Cara Mengobati Payudara Gatal

Oleh Melly Febrida pada 22 Jun 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 22 Jun 2020, 08:00 WIB
Kanker Payudara
Perbesar
Kanker Payudara (sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Payudara yang gatal biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Anda pun bisa mengobatinya dengan beberapa langkah sederhana ini.

Dr Clare Morrison, GP, Penasihat Medis di Medexpress, mengatakan untuk mengobati payudara yang gatal, kuncinya adalah menghindari apa pun yang menyebabkan masalah. Hindari parfum yang kuat, dan kondisioner kain yang sangat wangi atau deterjen cucian.

"Lindungi kulit yang terpapar dari sengatan matahari dengan menggunakan pelembab yang menghalangi sinar matahari dan kenakan bra katun yang pas dan memberikan dukungan yang cukup untuk gaya hidup Anda," kata Morrison seperti dikutip Glamour Magazine.

Untuk kulit kering, Morrison menyarankan menggunakan pelembap. Sedangkan untuk mengobati eksim, gunakan steroid topikal ringan, seperti krim hidrokortison. "Urtikaria biasanya merespons antihistamin,” tambahnya.

Sementara itu, Dr Zoya Diwan, Direktur Medis dan Pendiri Trikwan menjelaskan krim atau gel topikal sederhana yang dijual bebas dapat membantu meredakan payudara yang gatal.

"Jika Anda merasa gatal yang berasal dari bawah kulit payudara Anda, Anda mungkin lebih suka menggunakan antihistamin. Jika Anda curiga Anda memiliki reaksi alergi atau kulit Anda teriritasi, cobalah mengganti produk mandi Anda saat ini, sabun, detergen cucian. dan kosmetik lainnya.

Apabila masalah berlanjut, cobalah menemui dokter yang akan memeriksa dan mendiagnosis masalahnya.

 

2 dari 2 halaman

Gatal dan Tanda Kanker

Beberapa payudara yang gatal dengan ruam juga bisa menjadi tanda awal kanker payudara radang atau penyakit Paget (gangguan pada proses regenerasi tulang).

"Ini adalah bentuk kanker payudara langka yang dimulai di saluran payudara dan menyebar ke daerah puting dan sekitarnya. Ini bisa terlihat sangat mirip eksim, dengan kulit berkerak, bersisik, dan gatal dan dapat membuat payudara tampilan seperti kulit jeruk," kata Morrison.

Gejala-gejala ini biasanya hanya akan hadir pada satu payudara atau puting dan mungkin juga Anda melihat keluarnya cairan.

"Ini mungkin juga terkait dengan benjolan di payudara atau ketiak," kata Morrison.

Apabila Anda mengalami gejala-gejala tersebut bersamaan dengan rasa gatal, ada baiknya mencari pendapat profesional, jika tidak, itu tidak mungkin menjadi sesuatu yang menyeramkan. Saat ini tentu sangat sulit membuat janji dengan dokter, tetapi ada banyak dokter yang dapat Anda ajak bicara melalui video call.

Lanjutkan Membaca ↓