Sukses

Jubir COVID-19: Disiplin Cegah Virus Corona, Penularan Penyakit Lain Juga Bisa Ditekan

Jubir Penanganan COVID-19 mengatakan bahwa mencegah penyakit akibat virus corona berarti juga mencegah penyakit lain masuk ke dalam tubuh

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan bahwa penerapan prokotokol kesehatan demi mencegah virus corona juga akan mencegah penyakit-penyakit lainnya.

Hal itu disampaikan Yuri dalam konferensi pers perkembangan penanganan COVID-19 dari Graha BNPB, Jakarta pada Kamis sore kemarin.

"Kami meyakini apabila ini menjadi sebuah kebiasaan yang baik dan terus terpelihara, maka bukan hanya COVID-19 yang bisa kita tekan penularannya," kata Yur, ditulis Jumat (19/6/2020).

"Penyakit-penyakit lan yang menginfeksi kita melalui saluran napas semisal influenza, TBC, pun bisa kendalikan dengan mekanisme ini. Difteri pun bisa kita kendalikan dengan cara ini," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan itu menambahkan.

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cegah Penyakit di Saluran Pencernaan

Selain itu, selalu menjaga kebersihan tangan yang termasuk dalam salah satu cara mencegah COVID-19 juga bisa mencegah penyakit pada saluran pencernaan.

"Ini juga akan mengurangi kemungkinan terjadinya penularan penyakit yang masuk melalui saluran pencernaan yang menyebabkan diare, hepatitis, A, tifus, dan lain-lainnya," kata Yuri.

Maka dari itu, ia kembali meminta masyarakat untuk tetap mematuhi dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan demi mencegah COVID-19.

Beberapa strategi yang selalu disosialisasikan adalah menjaga jarak saat berada di tempat umum, rutin mencuci tangan menggunakan air dan sabun, serta mengenakan masker ketika harus berkegiatan di luar rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.