Sukses

Kiat Aman Mengendarai Sepeda Motor di Era Normal Baru

Johannes Lucky pakar safety riding menyebutkan beberapa kiat aman mengendarai motor di era normal baru.

Liputan6.com, Jakarta Johannes Lucky pakar safety riding menyebutkan beberapa kiat aman mengendarai motor di era normal baru. Menurutnya, sebelum berkendara penting untuk memastikan bahwa kondisi tubuh sedang dalam keadaan fit.

Pastikan suhu tubuh berada pada titik normal. Jika suhu tubuh berada pada 37.3 derajat atau lebih, ia menyarankan untuk tidak beraktivitas di luar rumah.

Selain memeriksa kondisi tubuh, kondisi sepeda motor juga harus diperhatikan. Terutama untuk sepeda motor yang sudah lama tidak digunakan. Beberapa bagian motor yang dapat diperiksa adalah kondisi ban, rem, kopling, lampu, dan oli.

"Persiapkan alat berkendara sesuai standar seperti helm, sarung tangan, dan jaket. Para pengemudi sebaiknya membawa masker cadangan untuk antisipasi apabila masker kotor atau basah saat berkendara, sehingga saat sampai di tujuan tetap dapat beraktivitas menggunakan masker dengan sehat dan nyaman," ujar Johannes mengutip Antara, Kamis (18/6/2020).

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Helm dan Sarung Tangan Full Cover

Di era normal baru, kata Johannes, sebaiknya menggunakan helm sendiri, tidak bergantian dengan orang lain. Helm juga diutamakan yang menutupi bagian wajah untuk menghindari benda asing dan mencegah mengusap mata.

Begitu pula sarung tangan, lebih baik menggunakan sarung tangan yang menutupi seluruh tangan (full cover) dan cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan sarung tangan, tambahnya.

"Usahakan saat berkendara tetap cari aman, jaga jarak dengan pengendara lainnya, serta berboncengan hanya dengan keluarga. Hindari jalan yang melalui zona merah dan cari jalan alternatif."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.