Sukses

Di Masa Pandemi, Olahraga Intensitas Ringan hingga Sedang Lebih Disarankan

Dokter Reisa Broto Asmoro mengatakan, olahraga yang disarankan WHO di masa pandemi COVID-19 adalah olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang

Liputan6.com, Jakarta Dokter Reisa Broto Asmoro mengatakan, World Health Organization (WHO) merekomendasikan seseorang untuk melakukan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang selama masa pandemi COVID-19.

"Olahraga yang berat tidak disarankan terlebih dahulu," kata Reisa dalam konferensi persnya di Graha BNPB, Jakarta kemarin sore, ditulis Kamis (18/6/2020).

Reisa mengatakan, hal itu karena setelah berolahraga, tubuh seseorang membutuhkan waktu agar bisa benar-benar kembali normal atau fit. Ketika orang melakukan olahraga berat, proses tersebut akan menjadi lebih lama.

"Hal ini akan membuat kita lebih berisiko terinfeksi," kata wanita yang tergabung dalam Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 tersebut.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Olahraga untuk Sehat

Reisa mengingatkan, tujuan olahraga adalah untuk menyehatkan badan.

"Tapi ingat di masa pandemi ini terutama, perhatikan tingkat kebugaran dan risiko kesehatan kita," kata wanita kelahiran Malang tersebut.

Di sini, ia meminta apabila seseorang telah memutuskan untuk melakukan suatu olahraga, pastikan kembali faktor keamanan aktivitas tersebut dari COVID-19.

"Kalau kita merasa berolahraga di luar rumah itu tidak aman karena banyak kerumunan orang atau wilayah kita sedang merebak wabah penyakit, maka tetaplah berolahraga di rumah saja."

Reisa memberikan contoh beberapa olahraga yang bisa dilakukan di rumah saja antara lain: gerakan-gerakan tanpa alat, zumba, yoga, senam kesehatan jasmani, atau dengan benda-benda di sekitar rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.