Sukses

Dokter Reisa: Jika Tak Bisa Pakai Masker Saat Olahraga, Jagalah Jarak dengan Orang Lain

Dokter Reisa mengatakan, apabila tak bisa menggunakan masker saat berolahraga, lakukanlah jaga jarak dengan orang lain untuk mencegah penularan COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Dokter Reisa Broto Asmoro mengatakan bahwa apabila seseorang tidak mampu mengenakan masker saat berolahraga, tetaplah menjaga jarak dengan orang lain demi mencegah penularan COVID-19.

"Kalau kita ingin berolahraga sambil melepas penat di luar rumah, ingat kembali unsur keamanan. Unsur keamanan adalah yang paling utama," kata Reisa di Graha BNPB, Jakarta pada Rabu (17/6/2020).

"Maka usahakan tetap jaga jarak dengan orang lain terutama kalau kita tidak bisa menggunakan masker ketika berolahraga," kata Reisa yang tergabung dalam Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas COVID-19 tersebut.

Reisa mengatakan, menggunakan masker adalah protokol kesehatan wajib ketika seseorang berada di luar publik dan berdekatan dengan orang lain.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Jadi Alasan Berkumpul

Di sini, Reisa meminta agar orang-orang yang ingin berolahraga di luar ruangan, mengenali terlebih dahulu risiko yang mungkin dihadapinya saat melakukan aktivitas tersebut.

"Kita bisa mengenali risiko diri sendiri dan kenali risiko lingkungan sendiri. Baru kita bisa memutuskan untuk berolahraga menggunakan masker atau tidak ketika berada di luar rumah."

Reisa menegaskan bahwa tujuan berolahraga adalah untuk menyehatkan badan. "Olahraga jangan dijadikan alasan untuk berkumpul tanpa melaksanakan disiplin ketat dalam protokol kesehatan."

Selain itu, apabila tempat berolahraga tidak memungkinkan untuk menjaga jarak, pertimbangkan mencari tempat lain yang dinilai lebih aman dari risiko penularan COVID-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.