Sukses

Kerahkan Relawan, PMI Siap Dukung Imunisasi Saat Pandemi COVID-19

Palang Merah Indonesia dan Federasi Perhimpunan Palang Merah Internasional siap mendukung imunisasi saat COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Palang Merah Indonesia dan Federasi Perhimpunan Palang Merah Internasional (IFRC) siap mendukung imunisasi saat pandemi COVID-19. Apalagi laporan baru-baru ini dari WHO - UNICEF - GAVI menyoroti, setidaknya 80.000.000 anak di bawah usia satu tahun di 68 negara berada pada peningkatan risiko penyakit seperti difteri, campak dan polio.

"Ini sebagai dampak pandemi COVID-19 yang mengganggu upaya vaksinasi rutin dan kampanye imunisasi," kata Ketua Umum PMI Jusuf Kalla dalam rapat terbatas melalui teleconference mengenai persiapan imunisasi COVID-19 di Markas Pusat PMI, Jakarta, ditulis Jumat (12/6/2020).

Tak hanya di Indonesia, Federasi Palang Merah Internasional di Jenewa, Swiss juga ikut mendukung secara luas imunisasi rutin dan kampanye vaksinasi sebagai bagian dari upaya pencegahan penyakit, sebagaimana keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

“PMI memiliki relawan sampai tingkat bawah untuk melakukan kampanye imunisasi. Tentunya dengan koordinasi dan bekerja sama dengan dinas kesehatan dan harus dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan dari COVID-19,“ jelas JK, sapaannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pelatihan dan Pembekalan Relawan

Lebih lanjut Jusuf Kalla menyampaikan, dengan dukungan IFRC, PMI siap mobilisasi relawan dan mengimplementasikan mendukung imunisasi saat COVID-19.

"Nanti kita juga butuh dukungan dan panduan pelatihan dan pembekalan kepada relawan yang akan bertugas serta berkoordinasi dengan pihak lain serta sistem untuk mempermudah kerja di lapangan," lanjut JK.

Dalam PMI dan Federasi Perhimpunan Palang Merah Internasional (IFRC) serta pimpinan perhimpunan palang merah sedunia dalam waktu dekat juga membahas tentang 3 hal utama, sebagai berikut:

(1) Pernyataan bersama tentang kebutuhan mendesak untuk memulai kembali kegiatan imunisasi rutin yang terdampak karena adanya pandemic COVID-19

(2) Operasionalisasi peluncuran layanan vaksinasi oleh IFRC dan jejaring untuk memastikan vaksin disampaikan dengan cara yang aman, terutama di komunitas yang paling rentan

(3) Pengembangan kampanye global untuk mengadvokasi akses imunisasi dan mendukung peluncuran vaksin COVID-19 ketika sudah tersedia

3 dari 4 halaman

Kerjasama Kampanye Imunisasi

Sebelumnya PMI pernah bekerja sama dengan Federasi Palang Merah Internasional dan Palang Merah Amerika membantu program Nasional Pemerintah Indonesia dalam kampanye pelaksanaan Imunisasi Campak Rubella atau measles rubella (MR).

Sebanyak 1.961 relawan PMI dan relawan masyarakat diterjunkan menjangkau kelompok masyarakat untuk menjangkau anak jalanan yang belum mendapatkan vaksinasi.

4 dari 4 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.