Sukses

5 Buah yang Tepat Dikonsumsi untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Situasi New Normal

Berikut ini beberapa buah yang wajib dikonsumsi agar tidak mudah sakit saat new normal.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga daya tahan tubuh tetap kuat penting dilakukan, terutama dalam masa pandemi Corona COVID-19 seperti sekarang ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi buah-buahan.

Buah pun menjadi salah satu makanan yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Sebab, buah-buahan memiliki vitamin C, A, folat, dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap sehat.

Nah, dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa buah yang wajib dikonsumsi agar tidak mudah sakit saat new normal.

1. Jambu Biji

Jambu biji kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem kekebalan yang kuat memberikan perlindungan alami terhadap infeksi dan penyakit. Kadar vitamin C yang rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko infeksi dan penyakit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pepaya

2. Pepaya

Buah pepaya kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan melawan penyakit. Pepaya mengandung vitamin C yang dibutuhkan tubuh untuk sistem kekebalan. Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi.

Pepaya memiliki jumlah kalium, vitamin B, dan folat cukup yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Pepaya juga memiliki efek antioksidan kuat yang dapat mengurangi stres oksidatif dan menurunkan risiko beberapa penyakit.

3 dari 5 halaman

Jeruk

3. Jeruk

Berbagai jenis jeruk seperti, jeruk manis, lemon, jeruk nipis dan sebagainya merupakan sumber vitamin C. Buah ini memiliki sumber vitamin C yang sangat baik, nutrisi yang memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C memiliki efek meningkatkan kekebalan yang dapat membantu tubuh melawan penyakit, seperti flu atau infeksi virus. Satu studi menemukan bahwa vitamin C membantu mencegah pneumonia.

4 dari 5 halaman

Mangga

4. Mangga

Mangga adalah sumber nutrisi penambah kekebalan tubuh yang baik. Mangga mengandung vitamin A yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat, karena membantu melawan infeksi. Satu cangkir mangga menyediakan sekitar seperempat dari target harian untuk vitamin A.

5 dari 5 halaman

Kiwi

5. Kiwi

Kiwi penuh dengan nutrisi penting, termasuk di antaranya folat, kalium, vitamin K, dan vitamin C. Serta meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi. Sementara nutrisi pada kiwi lainnya dapat membantu menjaga seluruh organ tubuh berfungsi dengan baik.

 

(Anisha Saktian Putri/Fimela.com)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.