3 Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kulit dan Rambut

Oleh Melly Febrida pada 12 Jun 2020, 11:00 WIB
Diperbarui 12 Jun 2020, 11:00 WIB
Panduan Mandi Besar Saat Puasa
Perbesar
Panduan Mandi Besar Saat Puasa / Sumber: iStockphoto

Liputan6.com, Jakarta Anda sudah mulai ngantor lagi? Meski pulang kantor sudah malam hari, beberapa orang memilih mandi. Sebagian besar mungkin memilih menggunakan air hangat, tapi cobalah mengguyur tubuh Anda dengan air dingin untuk kesehatan kulit dan rambut.

Para ahli medis percaya mengakhiri mandi dengan guyuran air dingin selama 30 detik dapat mengurangi peradangan di kulit yang dan membuat rambut berkilau dan halus.

Ketika air dingin mengenai tubuh, sirkulasi darah di beberapa lapisan pertama kulit Anda mulai menyempit. Hal ini menyebabkan darah di jaringan Anda yang lebih dalam bersirkulasi pada kecepatan yang lebih cepat, untuk menjaga suhu inti tubuh Anda, dan membuat kulit terlihat 'lebih kencang', lapor Healthline.

Peningkatan sirkulasi ini tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, tetapi juga mengurangi kondisi inflamasi pada kulit, seperti rosacea, jerawat, dan eksim.

Menurut Beauty Heaven, mandi air dingin juga meratakan folikel rambut dan meningkatkan kemampuan untuk menggenggam kulit kepala.

Ini menyebabkan rambut lebih berkilau, lebih kuat dan lebih sehat secara keseluruhan, serta mengurangi kerusakan - bahkan jika rambut Anda telah diwarnai secara kimia.

 

 

2 dari 3 halaman

Air Dingin Mengurangi Peradangan

Mitchell Diamond, ahli pemulihan dan pendiri Sydney Cryo Spa Clinic, setuju dengan memasukkan tubuh ke suhu yang lebih dingin baik untuk kulit.

"Manfaat kesehatan yang paling umum dari cryotherapy - yang melibatkan suhu di bawah -100 derajat Celcius - adalah mengurangi peradangan, meningkatkam aliran darah ke organ-organ vital, anti-penuaan dan pemulihan otot," kata Mitchell kepada FEMAIL seperti dilansir Daily Mail.

Menurutnya, mandi air dingin di malam hari memberikan manfaat tambahan untuk mendinginkan suhu tubuh inti sehingga Anda bisa tertidur lebih mudah. Berbeda dengan air panas, yang bisa mengupas sebum alami kulit, atau lapisan luar berminyak, membuat kulit menjadi kering, bengkak, dan meradang.

3 dari 3 halaman

Tiga Manfaat Mandi Air Dingin

Berikut beberapa manfaat mandi air dingin:

1. Mengurangi tingkat stres

Mandi air dingin secara teratur mengurangi sedikit tekanan pada tubuh Anda, yang mengarah pada proses yang disebut pengerasan, sehingga membantu Anda untuk tetap tenang. Ini berarti sistem saraf secara bertahap terbiasa menangani tingkat stres yang sedang.

2. Tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi

Mandi air dingin membangunkan tubuh Anda sehingga meningkatkan kewaspadaan. Dingin juga merangsang Anda untuk mengambil napas lebih dalam, mengurangi tingkat CO2 di seluruh tubuh, membantu Anda berkonsentrasi.

3. Sistem kekebalan yang lebih baik

Mandi air dingin meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh Anda. Sel-sel darah ini melindungi tubuh Anda dari penyakit. Para peneliti percaya bahwa proses ini terkait dengan peningkatan laju metabolisme yang merangsang respons imun.

Lanjutkan Membaca ↓