Sukses

Dokter Reisa Broto Asmoro Ingatkan Pentingnya Jaga Jarak untuk Cegah COVID-19

Dokter Reisa Broto Asmoro mengatakan, apabila tak bisa melakukan jaga jarak di transportasi umum, ada baiknya mempertimbangkan menggunakan kendaraan umum lain

Liputan6.com, Jakarta Dokter Reisa Broto Asmoro mengingatkan pentingnya menjaga jarak untuk mencegah penularan COVID-19 di masyarakat.

Hal ini dinyatakan oleh Reisa, yang telah tergabung dalam Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas COVID-19, dalam konferensi persnya dari Graha BNPB, Jakarta pada Rabu (10/6/2020).

"Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal ilmiah Lancet, menunjukkan physical distancing atau jaga jarak yang aman adalah sampai dengan 1 meter," kata Reisa.

"Ini merupakan langkah pencegahan terbaik, bisa menurunkan risiko sampai dengan 85 persen. Paling efektif menurunkan transmission rate atau angka penularan, terutama ketika berada di ruang publik seperti transportasi umum," ujarnya.

 

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jarak Aman Minimal 1 Meter

Saat menggunakan transportasi umum, Reisa meminta masyarakat untuk menggunakan masker serta menghindari kerumunan yang membuat seseorang tidak bebas untuk bergerak.

"Ingat jaga jarak yang aman minimal 1 meter dari orang lain. Jika hal ini tidak bisa dilakukan pertimbangkan untuk menggunakan transportasi lain," ujarnya.

Selain itu, hindari menyentuh barang-barang atau permukaan yang banyak dipegang oleh orang banyak.

"Kalau terpaksa maka harus langsung cuci tangan. Apabila tidak memungkinkan menggunakan air dan sabun maka dapat menggunakan hand rub dengan kadar alkohol minimal 70 persen," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.