Sukses

Peran Penting Orangtua Optimalkan Periode Emas Tumbuh Kembang Anak

Periode emas dalam tumbuh kembang anak berlangsung pada usia 0-6 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Periode emas dalam tumbuh kembang anak berlangsung pada usia 0-6 tahun. Orangtua memiliki peran penting dalam mengoptimalkan periode yang disebut sensitive golden periods ini dengan mengkombinasikan stimulasi dan nutrisi yang tepat.

 “Orang tua harus rajin memberikan stimulasi kepada anak, namun harus menunggu kesiapan anak sehingga tidak overstimulation,” ujar psikolog, Rose Mini, dalam keterangan pers.

 “Di samping itu, jangan membanding-bandingkan kemampuan masing-masing anak karena setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.”

Menurutnya, makna kecerdasan anak tidak hanya dibatasi oleh pencapaian-pencapaian di sekolah. Dalam diri anak, ada banyak potensi yang bisa dikembangkan karena pada dasarnya terdapat kecerdasan majemuk.

“Jika dipersiapkan dengan matang, generasi yang disebut ‘Gen Alpha’ ini akan unggul dengan kecerdasan majemuk,” jelasnya.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nutrisi Pendukung

Head of Medical KALBE Nutritionals Muliaman Mansyur mengatakan, “Kalbe Morinaga menghadirkan Multiple Intelligence Play Plan (MIPP), sebuah rencana bermain yang berbasis multiple intelligence (kecerdasan majemuk).”

MIPP menyajikan beragam ide permainan yang dapat mengasah kecerdasan majemuk pada anak. Di samping itu, Kalbe Morinaga juga menyediakan nutrisi untuk tumbuh kembang optimal anak, dengan penambahan functional food ke dalam susu formulanya.

Contohnya, Probiotik Triple Bifidus yaitu kombinasi 3 Bifidobakterium longum BB536, Bifidobacterium breve M-16V, dan Bifidobacterium infantis M-63 yang akan mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Pemberian Probiotik Bifidobakterium Triple Bifidus secara rutin dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, saluran pernapasan dan tumbuh kembang serta kecerdasan anak.

Terkait pertumbuhan anak selama masa pandemi COVID-19, Reisa Broto Asmoro, tokoh masyarakat sekaligus Ibu dua anak mengemukakan, program MIPP merupakan pilihan yang baik bagi orangtua untuk mengembangkan ide aktivitas yang menyenangkan bagi anak selama belajar di rumah saat masa pandemi COVID-19.

“Pemberian stimulasi bermain di atas tentu saya barengi dengan pemberian nutrisi termasuk susu. Saya juga adalah ibu yang sangat memperhatikan komposisi pada kemasan dalam memilih susu, tentunya susu yang mengandung Alfa-Laktalbumin, AA-DHA, Omega 3&6, Kolin, Laktoferin, Triple Bifidus, dan Vitamin & Mineral yang lengkap seperti Morinaga Platinum yang menjadi pilihan saya.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.