Sukses

5 Makanan Ini Sebenarnya Bukan Nol Kalori

berikut ini daftar makanan yang diklaim memiliki nol kalori, padahal tidak

Liputan6.com, Jakarta Untuk menurunkan berat badan, aturan dasarnya yakni dengan sedikit mengonsumsi kalori ketimbang yang Anda bakar. Ada banyak makanan yang diklaim memiliki nol kalori, ini seakan menjadi pilihan yang menjanjikan untuk menurunkan berat badan. Tapi, apa benar ada makanan yang benar-benar nol kalori?

Mengenai kalori ini, banyak orang beranggapan bahwa kalori merupakan hal yang buruk. Namun, sesungguhnya kalori juga penting bagi kesehatan, termasuk untuk menjaga dan memelihara berat badan serta menjaga asupan gizi tetap seimbang.

Melansir Reader's Digest, juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics, Malina Malkani mengatakan, dalam memelihara berat badan, memastikan kalori tetap terjaga adalah sebuah keharusan.

"Tetapi dalam diet harian yang seimbang dan proporsional, pasti ada ruang untuk menikmati camilan favorit, tinggi kalori atau yang lainnya," kata Malkani.

Seperti dikutip Times of India, berikut ini daftar makanan yang diklaim memiliki nol kalori, padahal tidak benar:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kayu manis

1. Kayu manis

Kayu manis tidak hanya menambah rasa pada kue tetapi juga memberikan rasa fantastis. Satu sendok teh kayu manis mengandung sekitar enam kalori.  Namun, kayu manis membantu mengendalikan gula darah.  

2. Permen karet bebas gula

Kita mungkin sering tertipu dengan label bebas gula.  Gula tidak berarti bebas kalori. Satu permen karet bebas gula memiliki sekitar lima kalori. Dan Anda yang sibuk mungkin memilih mengunyah permen karet. Jadi, jangan keseringan memakannya ya. 

3. Soda diet

Anda tentu pernah melihat klaim bebas kalori di kaleng soda diet karena mengandung pemanis buatan, gel, dan serat yang tidak diserap oleh saluran usus.  

Masalahnya, pemanis buatan bisa membingungkan otak dalam hal deteksi rasa manis, sinyal insulin dan sinyal rasa lapar/kenyang.  

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang banyak minum soda diet sebenarnya orang yang bertambah berat badannya. 

3 dari 3 halaman

Seledri dan Spirulina

4. Seledri

Seledri sebagian besar mengandung serat dan air tetapi masih memiliki kalori.  Tetapi jumlah kalori yang dimilikinya benar-benar rendah, yang membuatnya menjadi ramah untuk menurnkan berat badan. 

5. Spirulina

Spirulina adalah jenis ganggang yang mengandung mineral, vitamin dan protein.  Satu sendok makan spirulina kering mengandung sekitar 20 kalori dan menawarkan empat gram protein.  

Spirulina membuat smoothies Anda mengandung protein dan juga membantu orang yang mempunyai alergi.  Penelitian menemukan bahwa orang yang menderita rinitis alergi ketika mengkonsumsi 2.000 miligram spirulina setiap hari memperoleh efek yang menguntungkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.