Sukses

Sering Pakai Masker Dianggap Bisa Bikin Wajah Jadi Kusam, Ini Fakta Sebenarnya

Menurut dr. Yolanda Ikasari Ongkowijoyo, penggunaan masker tidak membuat kulit wajah menjadi kusam.

Liputan6.com, Jakarta Selama masa pandemi COVID-19, pemerintah mengimbau warganya untuk selalu mengenakan masker saat bepergian ke luar rumah. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penularan virus corona.

Namun, beberapa orang kerap mengeluhkan pengap dan sulitnya bernapas  jika menggunakan masker terlalu lama. Bukan hanya itu, sejumlah orang juga beranggapan bahwa memakai masker justru bisa membuat kulit wajah menjadi kusam. Lantas, benarkah demikian? 

Menurut spesialis kecantikan, dr. Yolanda Ikasari Ongkowijoyo, penggunaan masker tidak membuat kulit wajah menjadi kusam. Sebagian orang mungkin mengenakan jenis masker medis dengan cara yang salah, dan hal itu dapat membuat kulit mereka iritasi serta berjerawat.

“Harusnya itu nggak bikin kusam, lebih kepada pemakaiannya yang salah. Mungkin karena pakainya masker medis, jadi bisa iritasi. Pemilihan bahan yang tidak tepat juga bisa membuat kulit berjerawat,” tutur dr. Yolanda dalam wawancaranya dengan SBO Web TV.

Ia juga menuturkan, masalah wajah kusam sebenarnya lebih kepada kebiasaan kita selama di rumah. Seperti luputnya penggunaan tabir surya atau berkurangnya waktu kunjungan ke klinik untuk perawatan kecantikan akibat adanya pandemi corona.

“Atau mungkin yang biasanya rajin ke klinik, karena sekarang di rumah saja, jadi minimal sekali perawatannya. Otomatis penumpukan sel kulit mati, jadinya kusam,” katanya.

Lalu, bagaimana tips untuk menjaga kulit wajah agar tidak kusam selama di rumah? Saksikan wawancara selengkapnya di kanal SBOWebTV yang ada di aplikasi streaming Vidio.

Saksikan videonya berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.