Sukses

Alan Budikusuma Tuai Banyak Manfaat dari Kebiasaan Minum Susu Sejak Kecil

Minum susu adalah kebiasaan Alan Budikusuma sejak kecil.

Liputan6.com, Jakarta - Legenda bulutangkis Alan Budikusuma mengaku menuai segudang keuntungan karena rutin minum susu.

Kebiasaan ini dibangun ibu dan ayahnya sedari Alan kecil. Nyaris setiap hari, dia tak pernah absen diberikan susu.

Apalagi setelah Alan Budikusuma mulai melakoni olahraga badminton, minum susu pun tidak lagi satu atau dua kali saja, tapi lebih dari itu.

"Sebelum dan sesudah berlatih, lalu sebelum tidur," kata Alan Budikusuma saat menjadi pembicara dalam diskusi daring memeringati Hari Susu Dunia bersama Frisian Flag pada Selasa, 2 Juni 2020.

Dicekokin susu terus menerus membuat Alan Budikusuma remaja lebih beneregi. Latihan selama enam sampai tujuh jam sehari, yang dilakukan lima sampai enam hari dalam seminggu, sanggup dia jalani dengan baik.

"Efek minum susu ini luar biasa sekali yang saya rasakan. Saya latihannya berat, hampir setiap hari, karena dikasih susu lebih kuat saat latihan dan jarang sakit," ujarnya.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penelitian Tentang Susu

Menurut Alan, di zaman dia dulu, penelitiana mengenai susu tak segencar sekarang. Namun, hasil penelitian saat ini yang menyebut susu dapat menguatkan otot, bikin lebih berenergi, dan bahkan baik untuk anak-anak pun pernah Alan rasakan dulu.

"Dulu tidak sedetail sekarang penelitiannya, tapi efek dan manfaatnya saya rasakan sendiri," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof Hardinsyah, menjelaskan bahwa di dalam susu terkandung separuh kebutuhan kalsium dan vitamin D yang mampu memenuhi seperlima sampai sepertiga (20 sampai 30 persen) kebutuhan protein, vitamin B6, B9, B12, E, dan fosfor serta sepersepuluh sampai seperenam kebutuhan energi.

Selain itu, susu juga mengandung lemak yang baik, vitamin B5, zink, selenium, dan magnesium.

Sehingga, susu merupakan pelengkap pemenuhan kebutuhan gizi bagi semua orang yang bisa mengonsumsinya. Tidak hanya baik dikonsumsi anak, susu juga baik untuk dikonsumsi setiap hari oleh remaja dan orang dewasa untuk melengkapi pemenuhan gizi seimbang yang merupakan investasi untuk hidup sehat, cerdas dan kuat di masa sekarang dan masa datang.

“Maka dari itu, penting untuk kita semua mengingatkan keluarga Indonesia untuk membangun kebiasaan baik minumsusu setiap hari,” ujar Prof. Hardinsyah.

 

3 dari 3 halaman

Alan Budikusuma Menggandeng Frisian Flag Indonesia

Dilatarbelakangi hal itu yang membuat Alan Budikusuma, sekaligus Founder dari Astec---kejuaraan buluangkis yang diikuti 6.000 anak dan remaja usia U-13 sampai U-17---menggandeng Frisian Flag menjadi minuman susu resmi kejuaraan tersebut pada 25 sampai 29 Februari 2020 di GOR PBSI Sumatera Utara.

"Kami sangat senang bahwa PT Frisian Flag Indonesia kembali bergabung mendukung pelaksanaan turnamen tahun ini. Semakin lengkaplah dukungan yang diberikan kepada atlet muda kami, dari dukungan teknis, pelatihan, hingga asupan nutrisinya," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.