Edukasi COVID-19, WHO Gandeng Studio Pembuat Minions Bikin Iklan Layanan Masyarakat

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 29 Mei 2020, 13:02 WIB
Diperbarui 29 Mei 2020, 13:02 WIB
Despicable Me 3
Perbesar
Despicable Me 3 © 2016 - Universal Pictures

Liputan6.com, Jakarta World Health Organization (WHO) bersama dengan United Nations Foundation menggandeng studio animasi Illumination, yang berada di balik karakter Minions di film Despicable Me untuk melakukan edukasi terkait COVID-19.

Ketiganya bermitra dalam sebuah iklan layanan masyarakat (ILM) soal COVID-19 yang berisi adegan-adegan dari beberapa film Despicable Me dan menampilkan tokoh-tokoh seperti Gru dan Minions.

ILM tersebut juga diisi suara oleh Steve Carrell, pengisi suara karakter Gru dan berisi pesan-pesan praktik hidup yang aman dan sehat di masa pandemi ini.

Fokus dari ILM ini adalah perilaku menyelamatkan nyawa serta membantu mengurangi dampak COVID-19 seperti menjaga jarak, aktif di rumah, dan tetap berbuat baik pada orang lain.

"Di waktu yang penuh tantangan ini, kita harus menemukan segala cara yang mungkin memberikan harapan kepada orang-orang sambil berbagi saran yang dapat melindungi kesehatan orang lain," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti dilansir dari laman resminya pada Jumat (29/5/2020).

2 dari 3 halaman

Kerja Sama Pertama WHO dengan Studio Hollywood

Karakter Gru dalam waralaba Despicable Me. (Foto: IMDb/ Universal)
Perbesar
Karakter Gru dalam waralaba Despicable Me. (Foto: IMDb/ Universal)

Pendiri dan CEO Illumination Chris Meledandri mengatakan bahwa bermitra dengan WHO dan UN Foundation adalah sebuah kehormatan bagi mereka. Menurutnya, ini adalah cara untuk mengingatkan masyarakat dunia untuk melindungi diri sendiri serta menjaga satu sama lain di masa pandemi ini.

"Bercerita adalah alat yang ampuh untuk mempercepat perubahan sosial positif di dunia," kata Meledandri.

Illumination menjadi studio Hollywood pertama yang bermitra dengan WHO, UN Foundation, dan COVID-19 Solidarity Response Fund dalam pembuatan ILM.

"Kami senang bahwa karakter Despicable Me menunjukkan cinta mereka dan memperlihatkan cara untuk menjaga diri dan komunitas mereka tetap aman selama waktu yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Elizabeth Cousens, Presiden dan CEO UN Foundation.

Nantinya, ILM ini juga akan disulih suarakan ke dalam berbagai bahasa seperti Spanyol, Prancis, Portugis, dan beberapa bahasa lain.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓