Relawan COVID-19 Nurhayati: Taati Protokol Supaya Kami Bisa Cepat Pulang

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 27 Mei 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 27 Mei 2020, 10:00 WIB
Relawan COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Nurhayati, relawan COVID-19 yang bertugas di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran Jakarta berpesan kepada masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan. Seperti tetap di rumah, menjaga jarak, memakai masker bila harus keluar rumah, dan mencuci tangan pakai sabun dan air.

“Saya harap kepada masyarakat juga mentaati protokol dari pemerintah. Kalau semakin banyak yang sembuh, kami yang petugas relawan di sini bisa cepat pulang,” ucap Nurhayati di RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, kemarin (25/5/2020).

Melalui kiriman video berdurasi 49 detik yang diterima Health Liputan6.com, Nurhayati dari Kementerian Kesehatan mengungkapkan, dirinya sudah dua bulan bertugas di RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet.

Tak ayal, ia dan relawan lain pun tidak pulang  ke rumah saat Hari Raya Idulfitri 2020. Suasana Lebaran tetap diisi dengan pengabdian merawat pasien COVID-19. Meski begitu, rasa semangat bekerja tetap berkobar meski mereka melewatkan Lebaran hari di RS Darurat Wisma Atlet.

2 dari 3 halaman

Apresiasi dari Ketua Gugus Tugas

Doni Monardo
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo berkunjung ke RS Darurat Wisma Atlet, Senin (25/5/2020), tepat hari ke-2 Lebaran. (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Pesan Nurhayati kepada masyarakat untuk mentaati protokol COVID-19 didengar langsung Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo, yang tengah berkunjung ke RS Darurat Wisma Atlet kemarin.

"Saya mengapresiasi para petugas yang berkarya di RS Darurat Wisma Atlet meskipun melewatkan Idulfitri untuk melayani pasien COVID-19," tutur Doni yang didampingi Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan.

Pada Lebaran hari kedua, Doni yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyapa para personil TNI, Polri, Kementerian Kesehatan, dan relawan yang bekerja pada unit yang berbeda, seperti ruang sekretariat, radiologi, surveilans, kesehatan mental, dan call center di RS Darurat Wisma Atlet.

Hingga Minggu (24/5/2020), lebih dari 1.600 tenaga medis telah memberikan dukungan penanganan pasien COVID-19 di RS Darurat Wisma Atlet. Dukungan relawan, Gugus Tugas Nasional mencatat, lebih dari 30.000 relawan yang tersebar di seluruh Nusantara  untuk membantu penanganan COVID-19.

Dari jumlah tersebut, data relawan pada 25 Mei 2020 mencatat, 30.283 relawan dengan rincian 7.160 relawan medis dan tenaga kesehatan, sedangkan 23.123 relawan non medis. 

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓