Sukses

Jubir Yuri: Belum Ada Obat dan Vaksin, Jangan Sampai Tertular COVID-19

Selama belum didapatkan obat dan vaksin, upaya yang bisa dilakukan adalah jangan sampai terinfeksi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengungkapkan bahwa hingga saat ini para ahli di seluruh dunia masih mencoba mencari vaksin dan obat virus ini. Selama belum didapatkan, upaya yang bisa dilakukan adalah jangan sampai terinfeksi COVID-19.

"Sepanjang belum ada hasil yang bisa disepakati untuk dipakai seluruh dunia, maka satu-satunya cara adalah menjaga jangan sampai terinfeksi, menjaga jangan sampai tertular," kata Yuri dalam konferensi pers di Grha BNPB Jakarta, Minggu (24/5/2020).

Ia pun meminta masyarakat untuk paham betul tentang siapa yang bisa menularkan dan bagaimana penularan COVID-19. Lalu, upaya untuk menekan agar tidak terinfeksi virus ini dengan mengubah cara hidup kita.

"Kita harus membuat paradigma baru, kita harus mengubah kebiasaan kita menuju kebiasaan yang baru. Kita harus hidup normal dengan cara baru," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selektif Memilih Aktivitas di Luar Rumah

Cara hidup baru yang dimaksud Yuri adalah dengan disiplin hidup bersih dan sehat, membiasakan cuci tangan dengan sabun lalu membilas dengan air mengalir. Lalu, kita harus selektif dalam memiliki kegiatan di luar rumah. Jika pun keluar rumah harus memakai masker.

"Kita mulai biasakan diri tertib, tidak berdesak-desakan, tidak berkumpul padat tanpa ada satu tujuan produktif, inilah yg dimaksud berubah cara berpikir kita, berubah kebiasaan kita," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.