Jaga Kesehatan Anak di Masa Pandemi COVID-19, KPAI Imbau Rayakan Idulfitri di Rumah Saja

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 24 Mei 2020, 13:00 WIB
Diperbarui 24 Mei 2020, 13:00 WIB
Ucapan Selamat Lebaran
Perbesar
Ucapan Selamat Lebaran/Idulfitri / Sumber: iStockphoto

Liputan6.com, Jakarta Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengimbau perayaan Idulfitri di tengah pandemi COVID-19 diselenggarakan dengan tetap menjaga keamanan anak dan keluarga.

Dalam siaran persnya, Ketua KPAI Susanto dan Wakil Ketua KPAI Rita Pranawati memberikan beberapa saran agar keluarga dan anak tetap bisa aman merayakan Idulfitri di tengah pandemi COVID-19.

"Pertama, tetap merayakan Idulfitri di rumah untuk menghindari risiko kesehatan bagi anak dan keluarga," kata KPAI dikutip Minggu (24/5/2020).

Selain itu, KPAI merekomendasikan keluarga untuk membantu anak melakukan silaturahmi via daring alih-alih berkunjung atau bertamu ke tempat orang lain. Mereka mengatakan hal ini dilakukan untuk melindungi anak dari terpapar COVID-19.

2 dari 3 halaman

Ajarkan Anak Berpikir Positif

Cara Mengajarkan Puasa pada Anak
Perbesar
Cara Mengajarkan Puasa pada Anak / Sumber: iStockphoto

KPAI juga meminta agar keluarga tetap menjaga kesehatan dan merayakan Lebaran dengan gembira meski dalam situasi pandemi.

Mereka menambahkan, Idulfitri menjadi waktu yang tepat untuk mengajarkan anak untuk tidak melakukan dan menghindari hal-hal yang bersifat menyebarkan kebencian.

"Momentum Lebaran saatnya kembali ke fitrah, hindari hujatan kebencian agar anak-anak tidak meniru. Ajarkan anak-anak kita berpikir, berkata, dan bertindak positif," kata KPAI.

"Menghadapi situasi sulit saat ini, kekompakkan sebagai sesama anak bangsa sangat diperlukan agar pandemi COVID-19 segera berakhir," kata KPAI menutup pesannya.

3 dari 3 halaman

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓