Sukses

Kue Kering Khas Idul Fitri Tinggi Kalori, Satu Toples Harap Bagi-Bagi

Hati-hati dalam mengonsumsi kue kering khas Idul Fitri atau lebaran, nanti Anda jadi lebar-an

Liputan6.com, Jakarta - Idul Fitri identik dengan beragam kue kering. Ukurannya boleh kecil-kecil, tapi kalorinya, bisa-bisa lebih besar ketimbang sepiring nasi dengan lauk-pauk yang lengkap.

Ahli Gizi Mayapada Hospital Kuningan, Christina Andhika Setyani SGz RD, menjelaskan, di dalam 100 gram kue nastar, misalkan, terkandung kalori sebesar 512 kilokalori, protein 16 gram, lemak 24,5 gram, dan karbohidrat 57 gram.

Sedangkan 100 gram kastangel, mengandung kalori sebesar 406 kkal, 18 gram protein, 20,6 lemak, dan 38 gram karbohidrat. Angka-angka ini didapat merujuk pada tabel Komposisi Pangan Indonesia.

Pada dasarnya, kata Christina, kue kering khas lebaran terbuat dari bahan dasar terigu, gula, telur, mentega atau margarin yang mengandung banyak karbohidrat, lemak, dan sedikit protein.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komposisi Makanan yang Seharusnya Disantap

Sedangkan kita seharusnya menyantap makanan yang terdiri dari rendah karbohidrat dan lemak, tapi cukup protein, dan tinggi serat.

"Walaupun Anda tak terlalu merasa kenyang seperti saat makan nasi, tetapi kalori dari kue kering bisa menyumbang kalori yang cukup besar ke dalam tubuh," kata Christina kepada Health Liputan6.com, Sabtu, 23 Mei 2020.

 

3 dari 4 halaman

Penyumbang Kalori Utama

Perlu diketahui bahwa pennyumbang kalori utama dari kue lebaran ini adalah kandungan gula yang tinggi dan terigu sebagai sumber karbohidrat sederhana.

Menurut Christina, gula dan terigu merupakan salah dua sumber karbohidrat kompleks yang jika dikonsumsi berlebihan akan disimpan oleh tubuh sebagai lemak.

"Lemak inilah yang jika tak dihilangkan dengan olahraga yang cukup dan pola makan yang tepat, bisa bikin berat badan naik," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Besaran Isi Kue Kering Khas Lebaran

Lebih lanjut, di dalam 100 gram kue putri salju mengandung kalori sebesar 359,5 kkal, 17 gram protein, 18,5 gram lemak, dan 44 gra karbohidrat. Rata-rata satu toples kue kering berisi 250 gram. Jadi, bisa Anda total sendiri.

"Sedangkan kebutuhan kalori pria dewasa saja adalah 2.550 sampai 2.650 kkal per hari dan wanita dewasa adalah 2.150 sampai 2.250 kkal per hari," katanya.

Sehingga, jangan kaget jika saat lebaran Anda menghabiskan satu toples kue kering seorang diri, kalori yang masuk dalam satu hari itu akan berlebih.

"Belum lagi ditambah dengan makanan hidangan lebaran lainnya," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.