Sukses

Cara Sederhana Jaga Kesehatan Gigi Secara Mandiri di Rumah

Pandemi COVID-19 membuat masyarakat diimbau untuk menunda pemeriksaan gigi secara langsung. Hal ini sejalan dengan aturan pemerintah tentang pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Liputan6.com, Jakarta Pandemi COVID-19 membuat masyarakat diimbau untuk menunda pemeriksaan gigi secara langsung. Hal ini sejalan dengan aturan pemerintah tentang pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI)  Hananto Seno menganjurkan untuk melakukan konsultasi dari rumah melalui internet. Beberapa cara sederhana untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut bisa dilakukan dari rumah.

“Kita bisa saja setiap saat merasa sakit gigi ringan, hal yang bisa dilakukan pertama yaitu sikat gigi setelah buka puasa. Itu bisa mengurangi rasa sakit,” ujar Hananto dalam webminar Kompak, Rabu (20/5/2020).

Ia menambahkan, obat-obatan ringan seperti paracetamol dapat dikonsumsi untuk menurunkan rasa sakit. Namun, yang utama adalah menjaga kesehatan rongga mulut.

“Biasakan kumur-kumur, air hangat dengan garam saja sudah cukup membunuh sebagian kuman-kuman yang ada di dalam mulut.”

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersihkan Sisa Makanan

Hal lain yang tak kalah penting, menurut Hananato, adalah menjaga kebersihan mulut setelah makan.

“Sisa makanan yang menempel di mulut dan di gusi itu berpotensi sekali untuk berkembangbiaknya kuman-kuman yang ada di rongga mulut.”

Perkembangan kuman di dalam mulut menjadi faktor yang menimbulkan rasa sakit dan rasa tidak nyaman di mulut.

“Maka dari itu biasakan sikat gigi dua kali sehari dan kumur-kumur menggunakan obat kumur atau larutan garam,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.