Sukses

8 Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi untuk Anak

Ada 8 alternatif karbohidrat selain nasi seperti disarankan oleh Mommy Dinar Indah Palupi dalam Babyologist.

Liputan6.com, Jakarta Anak memerlukan asupan gizi seimbang dalam masa pertumbuhannya. Salah satu asupan penting bagi anak adalah karbohidrat, sebagai sumber energi. Umumnya karbohidrat didapat dari nasi. Meski demikian, ada 8 alternatif karbohidrat selain nasi seperti disarankan oleh Mommy Dinar Indah Palupi dalam Babyologist.

Karbohidrat merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh terutama untuk si Kecil. Saya pernah membaca ada kasus bayi meninggal karena menu makannya yang sama dengan orang tuanya yang vegetarian. Padahal, si Kecil masih membutuhkan nutrisi lengkap seperti karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayur-sayuran. Oleh karena itu, sebaiknya, usahakan memberikan nutrisi lengkap untuk si Kecil.

Jika si Kecil menolak makan nasi, Moms tidak perlu khawatir. Ada beberapa pilihan karbohidrat selain nasi seperti berikut:

Jagung

Jagung ini jika hanya direbus saja ditambah keju sudah enak, nih, Moms. Jagung bisa diolah menjadi dadar jagung, cake, dan lain sebagainya.

Kentang

Kentang adalah salah satu makanan favorit Kakak Dastan. Kakak Dastan. Banyak sekali varian olahan kentang untuk si Kecil. Biasanya saya buatkan Kakak Dastan mashed potato, kentang goreng, kentang panggang dan olahan varian menu lainnya yang berbahan dasar kentang.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pasta

Pasta

Pasta ini ada beberapa jenis yang menurut saya hanya dibedakan dari bentuk saja, ya, MomsAda yang berbentuk makaroni, fusilli, lasagna dan lain sebagainya. Pasta dapat diolah menjadi sup makaroni, martabak makaroni, dan lain sebagainya.

Bihun

Bihun juga merupakan pilihan karbohidrat yang lain selain nasi. Pengolahan bihun juga mudah yaitu bisa dijadikan bihun kuah, bihun goreng, bahkan nugget berbahan dasar bihun,

3 dari 4 halaman

Ubi

Ubi

Ubi dikukus saja sudah enak. Varian olahan berbahan dasar ubi juga banyak misalnya jadi bola-bola ubi goreng yang diisikan topping favorit si Kecil.

Mie

Mie adalah salah satu hal yang akan dipilih oleh si Kecil ketika si Kecil menolak nasi. Saat ini, sudah banyak pilihan mie yang aman dikonsumsi oleh si Kecil.

4 dari 4 halaman

Gandum

Gandum

Untuk makanan berbahan dasar gandum, biasanya saya memberikan roti gandum panggang diberi topping keju ke Kakak Dastan. Makanan ini juga merupakan favorit Kakak Dastan, loh.

Singkong

Singkong dapat diolah menjadi singkong keju, digoreng dan diberi topping keju. Masih banyak olahan dari bahan dasar singkong ini yang bakal disukai si Kecil.

Kita bisa mengolah beberapa Karbohidrat di atas menjadi olahan varian yang disukai si Kecil. Jadi, ketika si Kecil menolak nasi, ada banyak pilihan karbohidrat lain seperti yang sudah saya jelaskan di atas tadi untuk pilihan varian menu makan si Kecil. Kakak Dastan pernah mengalami masa GTM, jadi beberapa pilihan karbohidrat diatas saya jadikan pilihan saat Kakak Dastan sedang mengalami GTM sehingga nutrisi si Kecil tetap terpenuhi meskipun si Kecil tidak makan nasi karena kita bisa menggantinya dengan karbohidrat yang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.