Sukses

Sapa Pelajar Surabaya, Wali Kota Risma Semangati agar Rajin Belajar dari Rumah

Meski belajar dari rumah tetap harus semangat seperti disampaikan Wali Kota Surabaya Risma.

Liputan6.com, Jakarta  Wali Kota Surabaya, Jawa Timur, Tri Rismaharini pada Jumat, 15 Mei 2020 menyapa ratusan pelajar SD di Surabaya. Lewat telekonferensi, Risma menyemangati agar para murid SD tetap semangat belajar meski dari rumah.

"Anak-anakku yang ibu cintai apa kabar nak? Baik-baik anak-anakku, sehat-sehat kan semuanya. Kalau sehat, ayo angkat jempol semuanya," ucap Risma di awal seperti mengutip Antara.

Dalam pertemuan jarak jauh ini Risma berharap para murid tidak sedih maupun berkecil hati karena harus belajar dari rumah. Hal ini perlu dilakukan guna meminamalisasi penularan COVID-19 yang tengah terjadi sedunia.

"Anak-anak kalian tidak boleh berkecil hati, sebab belajar di mana pun itu sama saja. Melalui internet, melalui sekolah, atau rumah sama saja. Kalian tidak usah bingung, tidak boleh panik, ibu jamin kalian pasti lulus. Tapi kalian tidak boleh malas belajar di rumah, ya," katanya.

Jika tidak memahami pelajaran, Risma meminta para murid SD ini untuk aktif bertanya kepada bapak atau ibu guru. Anak pun jadi mengerti bila guru menjelaskan walau jarak jauh.

"Bukan berarti anak yang suka bertanya itu bodoh, tapi ia ingin tahu. Jadi kalian tidak boleh malu, tidak boleh minder dan jangan takut untuk bertanya," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiap Anak Punya Kelebihan

Ia juga memotivasi anak-anak bahwa masing-masing kita mempunyai kelebihan dan kekurangan. Ada yang pintar matematika, bahasa, ataupun menggambar.

"Tapi yang penting itu terus belajar dan tidak boleh menyerah kalau tidak bisa. Justru kalau tidak bisa, kalian harus bertanya. Jadi tidak usah malu dan minder untuk bertanya," katanya.

Risma juga meminta agar para pelajar tidak keluar rumah terlebih dahulu. Kondisi saat ini berbeda dengan beberapa bulan lalu. Jika terpaksa keluara, kata Risma, harus memakai masker.

Sebelum teleconference ini, kemarin Risma juga mengadakan lakukan pertemuan jarak jauh dengan pelajar kelas III SMP. 

"Jadi ibu wali kota ingin memberikan dorongan semangat kepada anak-anak. Dalam situasi apapun, bukan hanya pandemi COVID-19, anak-anak harus tetap belajar dan berkarya," kata Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Supomo. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini