Sukses

Jubir COVID-19: Sebagian Besar Kabupaten dan Kota Terdampak COVID-19

Achamd Yurianto, juru bicara pemerintah penanganan COVID-19 sebut sebaran virus semakin meluas.

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Pemerintah Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto menyebut sebaran virus ini hampir terjadi di kabupaten dan kota di Indonesia. Hingga hari ini, 15 Mei  2020, total 383 kabupaten kota di 34 provinsi telah terdampak COVID-19.

“Sudah 383 kabupaten kota yang terdampak di 34 provinsi. Artinya sudah hampir sebagian besar kabupaten kota kita terdampak,” ujar Yuri dalam konferensi pers BNPB, Jumat (15/5/2020).

Ada penambahan satu kabupaten kota terdampak pada Jumat ini. “Kalau kita lihat sebaran kabupaten kota terdampak semakin melebar, semakin meluas.”

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hampir Mendatar

Ia menambahkan, jika diperhatikan ada satu atau dua kabupaten kota yang masih menunjukkan tren dengan penambahan yang semakin tinggi.

“Namun, banyak yang kemudian tren penambahannya sudah tidak lagi eksponensial terlalu tinggi tetapi hampir mendatar. Tapi kita tidak melihat itu, kita melihat bahwa kontak dengan kasus positif tanpa gejala masih terjadi.”

Yuri mengimbau masyarakat untuk tetap mengingat cara mencegah COVID-19. Di antaranya dengan mencuci tangan setidaknya 20 detik dan kebiasaan hidup bersih sehat lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.