Sukses

Gigi dan Mulut yang Sehat Pengaruhi Kekebalan Tubuh

Mulut yang sehat mempertahankan sistem kekebalan tubuh untuk melawan hal-hal yang bisa mengganggu.

Liputan6.com, Jakarta Saat pandemi COVID-19 seperti saat ini, kita mesti memiliki kekebalan tubuh yang maksimal guna mencegah tertular virus SARS-CoV-2. Selain menjaga asupan makanan dan istirahat cukup, menjaga kebersihan gigi dan mulut punya peran dalam menjaga imunitas kita.

”Mulut yang sehat mempertahankan sistem kekebalan tubuh untuk melawan pengganggu lainnya,” kata drg Anggi Pratiwi saat Facebook Live bersama Listerine ditulis Sabtu (16/5/2020).

Bila malas atau tidak rajin menjaga kebersihan gigi dan mulut hal ini bakal memicu sejumlah masalah. Mulai dari gusi bengkak, gusi mudah berdarah saat menyikat gigi dan flossing serta munculnya tartar yang menunjukkan terjadinya pengerasan plak, dan gigi berlubang (karies).

Jika dibiarkan atau tidak dilakukan perawatan bisa menyebabkan infeksi yang terjadi pada rongga mulut bukan tidak mungkin akan dapat menyebabkan tiga penyakit lanjutan lain seperti, penyakit kardiovaskuler, diabetes melitus, dan aterosklerosis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Cara paling utama dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah dengan menggosok gigi setiap pagi dan malam sebelum tidur. Menggosok gigi bisa membersihkan 30-53 persen plak di gigi. Akan lebih baik juga bila membersihkan gigi dengan benang gigi (flossing) sebelum menggosok gigi.

Bila ingin maksimal melenyapkan bakteri yang ada di mulut, tambahkan dengan berkumur menggunakan obat kumur sesudah menggosok gigi.

“Menambahkan berkumur menggunakan obat kumur pada rangkaian perawatan mulut secara menyeluruh dapat membantu mengurangi kuman dan membuat mulut lebih bersih," kata Anggi lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini