Sukses

Lindungi Kelompok Usia Rentan, Jubir Yuri Sarankan Pekerja Muda Jalankan Perputaran Ekonomi

Juru bicara pemerintah penanganan COVID-19 Achmad Yurianto, menyarankan kelompok usia muda untuk menjalankan kegiatan ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta Kelompok usia 45 tahun ke atas lebih rentan terinfeksi COVID-19 dibanding usia muda. Juru bicara pemerintah penanganan COVID-19 Achmad Yurianto, menyarankan kelompok usia muda untuk menjalankan kegiatan ekonomi.

“Secara data kita bisa lihat bahwa kelompok usia di atas 45, pada umumnya memiliki kerentanan yang lebih berat dibanding yang di bawah 45 tahun,” ujar Yuri dalam konferensi pers BNPB, Kamis (14/5/2020).

Seperti dijelaskan Yuri, dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ada beberapa sektor usaha yang diperbolehkan beroperasi. Sektor tersebut antara lain layanan kesehatan, transportasi, kebutuhan dasar, keamanan, ketertiban masyarakat, energi, dan sebagainya.

“Oleh karena itu untuk sektor-sektor yang sudah diizinkan alangkah lebih baik kalau menempatkan kelompok-kelompok yang masih muda dengan imunitas yang baik untuk diberi kesempatan menjalankan perputaran ekonomi.”

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melindungi Kelompok Usia Rentan

Upaya ini semata-mata dilakukan untuk melindungi kelompok usia rentan. Yuri memberi contoh, dalam sektor transportasi lebih baik memberi kesempatan pada pekerja usia muda, katanya.

“Yang usianya sudah tua dan memiliki comorbid dan sebagainya (lebih baik) tidak melakukan ini. Untuk sektor usaha yang memang diperbolehkan beroperasi, kita siapkan pekerja usia muda untuk memperkecil risiko COVID-19.”

Yuri menambahkan, pemberian kesempatan kepada pekerja muda untuk melakukan kegiatan ekonomi bukan berarti memberi mereka kebebasan. Setiap orang tetap wajib bergerak sesuai protokol PSBB.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.