Sukses

Jaga Imun Tubuh Tetap Prima saat Berpuasa, Ini Kiat Mudahnya!

Cara meningkatkan sistem imun saat puasa ramadan yang ternyata kalau ada kemauan mudah dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Puasa ramadan mengharuskan kita untuk menahan rasa lapar dan haus, mulai dari terbitnya fajar hingga matahari terbenam. Karena pola makan berubah dari biasanya sementara aktivitas tetap saja, tentunya dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh atau imun. Padahal menjaga sistem imun menjadi salah satu kunci penting agar fokus dan stamina tetap prima, terlebih ramadan kali ini bersamaan dengan wabah virus yang mematikan.

Di tengah situasi saat ini, kita tentu ingin puasa dan aktivitas kerja berjalan lancar serta memiliki tubuh yang sehat agar mudah menangkal penyakit. Maka dari itu, menjaga sistem imun menjadi sesuatu yang tidak boleh disepelekan.

Berikut ini adalah cara meningkatkan sistem imun saat puasa ramadan yang ternyata kalau ada kemauan mudah dilakukan;

1. Asupan Makanan Sehat dan Bergizi

 Pola makan yang berubah saat puasa membuat sistem imun rentan menjadi lemah. Solusinya adalah dengan memenuhi asupan nutrisi makanan saat sahur dan puasa. Makanan sahur sangat penting diperhatikan untuk mendapatkan sumber energi agar kamu tetap bugar. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, kaya serat dan minum air putih yang cukup.

Pada saat berbuka puasa konsumsi makanan ringan dahulu seperti kurma dan hindari makanan tinggi lemak. Awali dengan minum air putih atau air hangat dan hindari air dingin di awal karena dapat mengganggu tenggorokan dan pencernaan. Untuk makanan tidak ada bedanya dengan saat sahur, tetap mengandung karbohidrat, protein dan kaya serat. Saat berbuka puasa, ingatlah untuk tidak makan terburu-buru dan berlebihan.

2. Tidur Cukup dan Teratur

Kurang tidur selama puasa bisa menjadi penyebab menurunnya sistem imun. Begitu juga bila tidurnya tidak berkualitas atau teratur. Karena harus terjaga bangun sahur, pastikan Anda tidak begadang atau tidur larut malam. Untuk menjaga energi, Anda juga bisa sejenak tidur di siang hari. Pastikan tidak membiasakan terjaga di malam hari dan malah tidur di pagi hari hingga bangun terlalu siang.

Tidur cukup dan teratur tak hanya perkuat sistem imun namun juga turut membantu meregenerasi sel-sel tubuh, menjaga berat badan, pelancar metabolisme dan menekan hormon yang memicu munculnya stress.

3. Berhenti Merokok

Tidak hanya selama puasa saja, akan lebih baik lagi menghilangkan kebiasaan merokok sepenuhnya dari hidup Anda. Sebab merokok adalah musuh terbesar antioksidan dalam tubuh, jika antioksidan lemah, sistem tubuh sulit diperkuat. Lebih dari itu, efek merokok memperbesar resiko penyakit seperti kanker, paru-paru hingga pneumonia. Terlebih saat ini tengah terjadi wabah yang mematikan.

4. Aktif Bergerak

Puasa ramadan dan keharusan di rumah saja tak lantas menjadi alasan untuk malas bergerak. Justru karena situasi physical distancing saat ini, Anda harus memperkuat sistem imun dengan aktif bergerak. Tidak berat kok, Anda beraktivitas fisik seperti biasa di rumah saja, menyapu, mengepel, mencuci piring, jangan terlalu lama duduk saat bekerja maupun menonton.

Luangkan waktu untuk olahraga ringan yang tidak mengeluarkan banyak energi dan keringat, sekadar stretching dan yoga pun bisa. Kalau merasa bosan dan kurang semangat aktif bergerak dari rumah, Anda bisa mencoba hal baru dengan mengikuti Get Fit With Isoplus.

Get Fit With Isoplus

Di tengah masa pandemi dan bulan suci Ramadan seperti sekarang, ISOPLUS, produk minuman isotonik dari Wings Food menggelar kampanye #GetFitWithIsoplus yang bertujuan mengajak masyarakat untuk mencintai tubuh (LOVE YOUR BODY) dengan lebih baik guna mengoptimalkan imun tubuh, walaupun harus menjalani berbagai aktivitas.

Kampanye #GetFitWithIsoplus disertai berbagai aktivitas seru mulai dari workout session, workout challenge, game challenge hingga weekly quiz melalui instagram @isoplus7ion. Untuk workout session sendiri diadakan secara rutin pada setiap minggunya bersama instruktur terbaik pilihan selama bulan Mei dan Juni, serta pop up class yang menghadirkan instruktur tamu dengan tema menarik dan berbeda setiap minggunya.

Marcya Nasution, instruktur barre dan pilates mengatakan aktivitas lain yang perlu dilakukan sebagai salah satu bentuk mencintai tubuh adalah dengan berolahraga. Olahraga memiliki manfaat yang tak terelakkan dalam menjaga daya tahan tubuh.

“Kita sebaiknya menggantikan rutinitas yang biasa dilakukan di luar rumah dengan berolahraga, minimal dengan frekuensi olahraga sebanyak 2-3 kali seminggu. Pada saat berpuasa, olahraga ringan merupakan pilihan yang tepat karena tubuh hanya menggunakan cadangan glukosa dan karbohidrat. Olahraga jenis ini cocok karena berfokus pada pernafasan, postur, muscle strengthening, dan stretching. Selain itu, olahraga jenis ini juga menghindari terjadinya dehidrasi berlebih,” jelas Marcya Nasution.

Selama di rumah, pastikan untuk melakukan aktivitas fisik secara seimbang, serta mencegah dehidrasi dengan memenuhi kebutuhan ion tubuh setiap harinya. Salah satu untuk memenuhi kebutuhan ion adalah dengan mengonsumsi ISOPLUS.

Product Manager ISOPLUS, Firman Dwi Rachmawan ISOPLUS mengandung 7 ion lengkap (Kalium, Kalsium, Natrium, Magnesium, Sitrat, Laktat dan Klorida) yang lengkap dengan Vitamin C dan diformulasikan dengan standard teknologi Jepang Aseptic Technology & Cold Filling System, sehingga kualitas dan rasa tetap terjaga.

"Menurut hasil riset, ion-ion ini akan membantu mengatur kerja metabolisme tubuh sehingga sel imun dapat bekerja dengan maksimal,” terang Firman.

Terkait masa pandemi seperti ini, Firman mengatakan pihaknya memastikan bahwa ISOPLUS terus berusaha untuk menjaga ketersediaan produk nya sehingga dapat dengan mudah dijumpai di supermarket, minimarket dan juga sudah tersedia di jaringan pembelian online/e-commerce untuk memudahkan konsumen.

Yuk LOVE YOUR BODY kampanye #GetFitWithIsoplus dan berbagai aktivitas seru lainnya. Selain Marcya, kegiatan live workout session  juga akan dipandu oleh instruktur berpengalaman dari Active Barn. Tak hanya itu, ISOPLUS juga bekerjasama dengan Indorunners, komunitas lari independen terkemuka di Indonesia, untuk mengadakan pelatihan terkait olahraga lari seperti dynamic stretching training.

Follow social media Instagram @isoplus7ion untuk mendapatkan informasi terbaru tentang #GetFitWithIsoplus.  

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.