Sukses

Jubir COVID-19: Pakai Masker Turunkan Penularan Virus Corona 5 Persen

Juru Bicara Penanganan COVID-19 mengatakan orang yang terinfeksi COVID-19 tanpa gejala yang menggunakan masker, risiko menularkan ke orang lain turun drastis.

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan masker baik pada mereka yang sehat maupun yang sakit masih dianggap sebagai cara efektif untuk mencegah penularan COVID-19 di masyarakat.

Juru Bicara Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan, orang tanpa gejala namun terinfeksi virus corona dan tidak menggunakan masker 70 persen berpotensi menularkan virus tersebut kepada orang lain.

"Namun, apabila dia menggunakan masker, maka secara drastis angka persentase kemungkinan menularkannya tinggal lima persen," kata Yuri dalam siaran konferensi persnya pada Minggu kemarin, ditulis Senin (11/5/2020).

Yuri mengatakan ini bisa terjadi karena droplet atau percikan dari dalam tubuhnya saat bicara, batuk, atau bersin, akan tertahan oleh masker. Hal ini mencegahnya mencemari benda-benda di sekitarnya serta menulari orang lain.

"Apabila semua menggunakan masker baik yang sakit maupun yang sehat, maka angka penularan itu bisa drastis turun sampai dengan satu persen," ujarnya.

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menurunkan Angka Penularan

Dalam kesempatan tersebut, Yuri mengatakan apabila angka penularan virus corona di masyarakat menurun, hal ini dinilai sebagai bukti keberhasilan dalam mengurangi jumlah orang yang terinfeksi.

"Namun kalau angkanya meningkat artinya kita telah membiarkan proses penularan ini terjadi lagi di tengah masyarakat," kata Yuri yang juga Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan ini menambahkan.

Kemarin sore, tercatat angka positif COVID-19 di Indonesia bertambah sebanyak 387. Sehingga jumlah secara total menjadi 14.032. Sementara itu, angka kematian secara keseluruhan sebanyak 973 dan angka kesembuhan mencapai 2.698.

"Mari kita cermati angka-angka ini. Inilah gambaran-gambaran kita apakah kita telah melaksanakan dengan baik kebiasaan untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun, memakai masker, menjaga jarak, dan tetap berada di rumah," kata Yuri.

"Inilah jawaban yang mungkin bisa kita jawab masing-masing," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.