Sukses

5 Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi yang Cocok Dikonsumsi Waktu Buka Puasa

Makanan apa saja yang bisa dijadikan makanan pengganti nasi untuk berbuka puasa, berikut daftarnya.

Liputan6.com, Jakarta Nasi adalah makanan pokok atau sumber karbohidrat masyarakat di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Namun, biasanya nasi menjadi salah satu pantangan mereka yang tengah dalam program menurunkan berat badan. Hal itu juga berlaku ketika program diet dijalankan saat puasa Ramadan.

Individu yang tengah diet biasanya akan mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lain, terutama yang berserat tinggi. Jadi, meski menghindari nasi, tubuh tetap mendapat sumber karbohidrat dari makanan lain.

Nah, buat kamu yang sudah mulai penasaran, makanan apa saja yang bisa dijadikan makanan pengganti nasi untuk berbuka puasa, berikut daftarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kentang

Makanan pengganti nasi yang enak dan sehat untuk berbuka puasa yakni ada kentang. Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang mungkin sudah banyak diketahui. Mungkin kamu sering memakan kentang sebagai lauk, tetapi sebenarnya kentang bisa dijadikan makanan utama juga.

Bagi kamu yang sedang diet, kamu bisa mengganti nasi dengan kentang. Kentang memiliki kandungan pati resisten (pati yang tidak dapat tercerna), sehingga bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

Namun, jangan dihidangkan dengan cara digoreng karena ini akan menambah asupan lemak, yang justru dapat menyumbang kenaikan berat badan, sehingga menggagalkan diet kamu. Kamu bisa memasak kentang dengan cara dikukus atau direbus, misalnya menyajikannya menjadi mashed potato yang lembut.

3 dari 6 halaman

Jagung

Kedua, makanan pengganti nasi yang enak dan sehat untuk berbuka puasa selanjutnya ada jagung. Jagung tentunya bukanlah makanan asing di Indonesia, bahkan beberapa daerah sudah menjadikan jagung sebagai makanan utamanya.

Jagung sangat tepat untuk menggantikan nasi karena didalam 100 gram biji jagung terdapat 86 kalori dan berbagai jenis vitamin B, seperti B1, B3, B5, dan B9 atau folat. Bahkan, kandungan vitamin B dalam jagung sudah memenuhi 10%-19% nilai harian yang harus dikonsumsi.

Makanan pengganti nasi untuk diet ini juga mengandung serat, magnesium, fosfor, dan vitamin C yang penting untuk tubuh. Bahkan, serat pada jagung dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengatasi susah buang air besar. Agar kamu bisa mengkonsumsinya dengan lebih mudah, kamu bisa menyajikannya dengan cara dikukus. Tidak perlu ditambahkan gula, karena jagung sudah manis alami.

4 dari 6 halaman

Singkong

Selanjutnya, makanan pengganti nasi yang enak dan sehat untuk berbuka puasa lainnya ialah singkong. Makanan tradisional yang satu ini sangat cocok sekali bagi kamu yang sedang menjalankan program diet dan menghindari nasi.

Singkong merupakan makanan yang cukup mudah ditemukan di Indonesia, sehingga dapat menjadi pilihan makanan pengganti nasi untuk diet. Singkong dipercaya dapat mengobati dehidrasi, kelelahan, sepsis (infeksi darah), dan untuk menginduksi persalinan.

Kandungan gizi pada singkong mirip dengan kentang. Namun, singkong mengandung zat kimia glikosida sianogen yang dapat melepaskan sianida dalam tubuh. Oleh karena itu, singkong harus dibersihkan dengan benar sebelum dimakan untuk mencegah keracunan sianida.

Sama seperti kentang dan jagung, usahakan untuk tidak menghidangkannya dengan cara digoreng namun, hidangkan dengan cara dikukus atau direbus. Singkong tersebut akan berubah menjadi singkong rebus yang mudah dikunyah.

5 dari 6 halaman

Oatmeal

Keempat, makanan pengganti nasi yang enak dan sehat ialah oatmeal. Pastinya oatmeal sudah sangat terkenal sebagai menu pilihan bagi mereka yang sedang diet. Serat dalam oatmeal dapat membantu kamu agar kenyang lebih lama, membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan juga dapat mengontrol kadar gula darah.

Namun, biasanya kamu memakan oatmeal dengan ditemani oleh makanan lain. Hal inilah yang harus diperhatikan karena terkadang makanan yang ditambahkan ke dalam oatmeal justru memiliki lebih banyak kalori dan gula dibandingkan oatmeal itu sendiri. Jika kamu ingin agar diet dapat berjalan maksimal, mungkin kamu bisa menjadikan buah sebagai pelengkap atau topping oatmeal.

6 dari 6 halaman

Beras Merah

Terakhir, makanan pengganti nasi yang enak dan sehat untuk berbuka puasa ialah beras merah. Beras merah adalah alternatif yang jauh lebih sehat daripada beras putih. Beras merah mengandung serat lebih tinggi, merupakan sumber karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah, kaya vitamin B6, zinc, dan zat besi.

Tidak hanya itu, beras merah juga mengandung antioksidan antosianin yang baik untuk kesehatan. Kandungan gula yang lebih rendah dalam nasi merah juga dapat mengendalikan gula darah. Saat kamu mengkonsumsi beras merah, kamu tidak akan mudah merasa lapar dan pastinya sangat mendukung program dietmu.

(Imelda Rahma/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.