Sukses

Mental Positif Bantu Tung Desem Waringin Lewati Masa Krisis Saat Terkena COVID-19

Motivator yang juga penyintas COVID-19, Tung Desem Waringin mengatakan bahwa mental yang positif penting bagi kesehatan seseorang

Liputan6.com, Jakarta Motivator Tung Desem Waringin mengatakan bahwa mental yang positif punya pengaruh besar bagi kesehatan seseorang. Hal ini juga dirasakannya selama masa perawatan karena terkena COVID-19.

Dalam konferensi persnya lewat siaran daring Badan Nasional Penanggulangan Bencana pada Minggu (10/5/2020), Tung Desem Waringin mengatakan bahwa dirinya sempat mengalami titik krisis ketika dirawat karena terkena infeksi virus corona penyebab COVID-19.

Di awal April, ia sempat mengalami sesak napas dan menggigil karena kedinginan.

"Bahkan sudah ngasih pesan-pesan terakhir kepada istri saya, istri saya baca langsung nangis tidak karuan," ujarnya lewat sambungan jarak jauh. Namun, dia mengatakan bahwa dirinya bisa melewati masa krisis tersebut.

"Ternyata sehat itu holistik, tapi diawali dengan satu, secara mental terlebih dahulu, positif dahulu," ujar Tung Desem Waringin.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahagia Terlebih Dahulu

Tung Desem Waringin mengatakan bahwa banyak orang yang menilai bahwa apabila dirinya sehat atau memiliki kehidupan yang harmonis maka dirinya bahagia. Namun menurutnya ini adalah sebuah pemikiran yang salah.

Dalam pemaparannya, Tung Desem Waringin mengatakan bahwa sebuah penelitian menyebutkan bahwa sesungguhnya, kebahagiaan membuat orang menjadi lebih berhasil dalam hampir setiap unsur kehidupan kita seperti pernikahan, kesehatan, persahabatan, keterlibatan masyarakat, kreativitas, pekerjaan, karir, dan bisnis.

"Kalau dia bahagia, ternyata dia lebih sehat, sahabatnya lebih banyak, pernikahannya lebih harmonis, lebih kreatif, pekerjaan dan karirnya, bisnisnya jadi lebih maju," ujarnya.

Menurutnya, hal ini juga yang berpengaruh besar dalam kesembuhan Tung Desem Waringin dari COVID-19. Dia mengungkapkan, di masa perawatan, ia sering bernyanyi bersama para tenaga kesehatan. Selain itu, ia juga menjauhkan diri dari berita-berita terkait COVID-19 dan lebih banyak mencari hiburan atau komedi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.