Terungkap, Skincare Rutin Marilyn Monroe yang Bikin Awet Cantik

Oleh Dyah Puspita Wisnuwardani pada 09 Mei 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 09 Mei 2020, 15:00 WIB
Marilyn Monroe
Perbesar
Rambut ala Marilyn Monroe akan jadi tren di 2019. (dok.Instagram @marilyn.m_mrs.perfect/https://www.instagram.com/p/BrvaqCJFv2C/Henry

Liputan6.com, Jakarta Sosok Marilyn Monroe yang terkenal akan bakat dan kecantikannya terus dikenang hingga kini. Karena kecantikan dan keindahan kulitnya, Marilyn Monroe jadi salah satu ikon kecantikan dunia.

Museum Makeup AS mengungkap rahasia di balik kecantikan Marilyn Monroe. Dalam pameran Pink Jungle: 1950's Makeup in America, dipamerkan resep skincare rutin sang aktris. Bahkan, dua produk kecantikan yang digunakannya semasa hidup masih diproduksi hingga saat ini.

Dalam dokumen bertanggal 17 Maret 1959 yang ditujukan pada Ny. Marilyn Monroe Miller (ketika itu Marilyn menikah dengan dramawan Arthur Miller), dermatolog Erno Laszlo dari perusahaan kecantikannya menuliskan instruksi penggunaan skincare sehari-hari secara detail.

 

2 dari 5 halaman

Skincare di Pagi Hari

[Bintang] Marilyn Monroe
Perbesar
Marilyn Monroe ternyata berusaha mengatur pernapasannya untuk mengatasi gagap. (PopSugar)

Di pagi hari, Marilyn disarankan untuk membasuh wajah dan leher dengan air hangat dengan sabun Active Phelityl keluaran Erno Laszlo untuk kemudian mengaplikasikan Normalizer Shaker-It pada wajahnya. Marilyn diminta untuk menghindari mengaplikasikan cairan tersebut pada sekitar mata dan segera menyekanya.

Sementara untuk area di bawah mata, Marilyn mengaplikasikan Phelitone dalam jumlah sedikit menyerupai titik-titik kecil dan meratakannya dengan lembut. Penggunaan krim untuk bagian bawah mata itu juga perlu segera diseka. Langkah terakhir, Marilyn diminta mengaplikasikan bedak Duo-Phase Face Powder pada seluruh wajah dan leher lalu menyikatnya dengan kapas setelah satu menit.

3 dari 5 halaman

Skincare di Malam Hari

Marilyn Monroe
Perbesar
Marilyn Monroe (Dailymail)

Pada malam hari, dia diminta mengulang rutinitas skincare seperti pagi dengan tambahan skincare lainnya. Selain itu, ada pula treatment unik dan berbeda untuk kesempatan khusus.

"Dokter Erno Laszlo membuat resep khusus bagi setiap kliennya, dan Marilyn Monroe masuk dalam kategori kulit kering. Jadi bila ANda perhatikan resep skincarenya semua produk yang digunakan untuk membantu menghidrasi kulit," ujar Patricia Schuffenhauer, Kepala Tim Branding dan Sejarah Erno Laszlo dalam video yang diunggah oleh Museum West Village.

4 dari 5 halaman

Masih Diproduksi

Marilyn Monroe
Perbesar
Marilyn Monroe (Pinterest)

Produk-produk Laszlo yang diresepkan untuk Marilyn Monroe seperti Shake-It Tinted Treatment dan Phelityl Cleansing Bar masih diproduksi hingga kini.

Bukan hanya skincare, artefak atau benda-benda bersejarah yang dipamerkan pihak museum terkait kecantikan Marilyn Monroe juga termasuk instruksi dietnya. Tertulis, sang aktris tidak boleh mengonsumsi aneka kacang-kacangan, cokelat, zaitun, tiram atau kerang.

5 dari 5 halaman

Vaseline dan Berendam Air Hangat

Marilyn Monroe
Perbesar
Sebelum ditemukan tak bernyawa, Marilyn Monroe sempat mengungkapkan dirinya sangat takut.

Sebagai tambahan, Marilyn Monroe juga dikabarkan gemar menggunakan Vaseline dan mandi berendam cukup lama untuk menjaga kulitnya tetap lembap, melansir laman New York Post.

"Marilyn Monroe memiliki kulit paling bercahaya yang pernah kulihat," ujar Renee Taylor, nominator Oscar.

"Suatu hari, dia masuk kelas bersama Lee Strasberg, dan aku nekat bertanya apa yang dia lakukan (untuk merawat kulit). Marilyn berkata, 'Aku mengoleskan seluruh tubuhku dengan Vaseline lalu berendam air hangat selama tiga jam setiap pagi. Itu memberi kilau pada kulitku.' Jadi aku coba melakukan hal itu, hasilnya aku malah hampir tenggelam."

Lanjutkan Membaca ↓