Sukses

JK Beri Penghargaan Relawan PMI yang Gugur dalam Operasi COVID-19

JK memberikan penghargaan kepada relawan PMI yang gugur dalam operasi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, Jusuf Kalla memberikan penghargaan kepada tiga relawan PMI yang gugur dalam operasi COVID-19. Ketiganya adalah Karman (PMI Purwakarta), Paimin (PMI Wonogiri), dan Multazam (Staf PMI Pusat) yang bertugas di Makassar, Sulawesi Selatan.

Mereka gugur saat melaksanakan tugas. Salah satunya, almarhum Multazam meninggal pada 23 Maret 2020 usai menyemprot gedung dengan disinfektan. Ia mengalami kecelakaan kerja yakni terjatuh dari lift.

“Terima kasih kepada relawan yang telah bekerja keras dalam menangani COVID-19. Penghargaan setinggi-tingginya, kami sampaikan kepada seluruh keluarga yang telah gugur dalam operasi penanganan COVID-19 ini," tutur JK di Markas PMI Pusat, Jakarta Selatan, Senin (8/5/2020), sebagaimana keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

"Mereka mengorbankan jiwa dan raganya dalam rangka mengabdi kepada kemanusiaan. Mereka menjalani prinsip kemanusiaan dan menyerahkan kehidupannya untuk kita semua."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesan JK untuk Relawan

Penghargaan kepada relawan PMI yang gugur dalam operasi COVID-19 disampaikan JK saat memperingati Hari Palang Merah Sedunia, yang jatuh pada 8 Mei 2020.

JK didampingi oleh Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said berdialog dengan keluarga relawan PMI yang telah gugur melalui virtual meeting. Para keluarga menyampaikan, terima kasih sebesar-besarnya kepada para pengurus PMI yang telah memberikan perhatian dan penghargaan kepada anggota keluarga mereka yang telah tiada.

Lebih lanjut, JK berpesan kepada seluruh relawan PMI untuk tetap berjuang keras. Masa berakhirnya pandemi masih panjang karena obat dan vaksin untuk mengatasi COVID-19 belum ada.

“Perjalanan masih jauh, COVID-19 ini masih mempunyai proses yang panjang dan akan berakhir sampai ditemukannya obat atau vaksinnya. Untuk itu, PMI harus tetap berjuang dan mengatasi masalah rentetan akibat COVID-19, yaitu sosial dan ekonomi,” lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Ucapan Terima Kasih

Dalam virtual meeting, Kepala Delegasi Federasi Palang Merah Internasional untuk PMI, Alexander Herli mengungkapkan, rasa terima kasihnya kepada PMI yang telah berjuang menghadapi COVID-19 di Indonesia.

“Atas nama komite palang merah Internasional, saya memberikan apresiasi kepada PMI dan relawannya yang telah bekerja keras tanpa pamrih dalam memerangi COVID-19 di Indonesia," ujar Alex.

"Tujuan kita adalah membantu mereka yang paling rentan."

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini