Sukses

Ketahui Tingkat Kesehatan Jiwa dengan 5 Indikasi Ini

Dr.dr. Fidiansjah, Sp.KJ. MPH Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza berbicara tentang lima standar kesehatan jiwa di tengah pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Dr.dr. Fidiansjah, Sp.KJ. MPH Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza berbicara tentang lima standar kesehatan jiwa di tengah pandemi COVID-19.

Menurutnya, untuk mengetahui seseorang memiliki kesehatan jiwa yang baik, setidaknya ada lima indikasi. Lima indikasi ini sudah disetujui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Yang pertama adalah sadar pada kemampuan diri sendiri, misal sebagai entertainer keahliannya menghibur, sebagai dokter keahliannya mengobati,” kata Fidi dalam siaran langsung Instagram @kemenkes_ri, Rabu (6/5/2020).

Indikasi kedua adalah kemampuan mengelola stres. Menurutnya, seseorang yang mengalami stres menandakan bahwa orang tersebut normal.

Namun, yang membedakan dengan penyandang gangguan kejiwaan adalah sejauh mana orang tersebut dapat mengelola stres.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indikasi Lainnya

Indikasi ketiga yang menandakan bahwa seseorang memiliki jiwa yang sehat adalah kesadaran akan manfaat diri sendiri. Dalam hal ini, orang menyadari bahwa dirinya dapat bermanfaat bagi orang lain.

Keempat, komunikasi yang baik juga dapat menandakan bahwa seseorang memiliki kesehatan jiwa yang baik. Ditandai dengan tepatnya penggunaan kata-kata dan sinkronisasi antara jawaban dengan pertanyaan.

Terakhir, orang dengan jiwa yang sehat dapat menempatkan diri dan “berperilaku baik kepada semua orang,” pungkas Fidi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.